Berbagai Macam Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya


Genre Novel, genre merupakan kata serapan yang merujuk pada ragam kaidah yang dipakai dalam karya seni dan budaya. Ragam kaidah tersebut mempunyai patokan dan ciri khas yang membedakan satu dengan yang lain.

Seperti halnya novel juga mempunyai macam genre tersendiri. Selain untuk pembeda, genre juga bisa menentukan pasar pembaca. Sehingga penting untuk memahami berbagai macam genre novel sebelum menulis novel.

1. Macam Genre Novel Berdasarkan Kenyataan Ceritanya

  • Novel Fiksi

    Novel yang ditulis berdasarkan kejadian yang tidak pernah ada. Cerita di dalamnya dibuat berdasarkan khayalan dan imajinasi penulis. Contohnya adalah The Hobbit

  • Novel Non Fiksi

    Novel yang ditulis berdasarkan kejadian nyata yang memang pernah ada atau terjadi. Ceritanya tentu saja dibuat berdasarkan fakta. Bisa dari pengalaman penulis atau orang lain. Contohnya adalah Laskar Pelangi

2. Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis Ceritanya

  • Novel Romantis

    Novel yang menceritakan tentang kisah cinta dan kasih sayang. Novel bergenre seperti ini banyak menggunakan diksi yang puitis dan indah. Adegan dan dialognya banyak didominasi oleh romantisme. Contohnya adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijk

  • Novel Horor

    Novel bergenre seperti ini mengangkat kisah yang mengandung “Teror”. Biasanya novel seperti ini banyak menghadirkan adegan yang penuh rasa “merinding” dan kalimat-kalimat kejutan. Tujuannya agar pembaca merasakan takut. Contohnya adalah Bangku Kosong

  • Novel Misteri

    Genre yang satu ini sering disalah artikan dan disamakan dengan horor. Padahal keduanya sangat berbeda dalam penyajiannya. Genre ini menyajikan cerita tentang kasus dan kejanggalan yang terselubung serta penyelesaiannya. Biasanya novel bergenre seperti ini menggunakan adegan yang penuh trik dan alur yang twist. Contohnya adalah Sherlock Holmes

  • Novel Humor

    Novel bergenre seperti ini menitik beratkan pada kisah yang konyol, membuat geli, dan tentunya mengundang tawa. Bahasa yang digunakan sederhana juga mudah dipahami. Ada yang menggunakan diksi yang indah, ada juga yang menggunakan slang atau bahasa gaul. Contohnya adalah Kambing Jantan

  • Novel Sci-Fi/Fiksi Sains

    Novel dengan genre ini mengangkat tema dunia penuh teknologi tinggi. Bisa juga dikatakan cerita utopia, dunia impian. Latar yang dihadirkan juga penuh dengan konsep teknologi dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Back to The Future

  • Novel Fiksi

    Genre yang satu ini paling banyak dipakai di kesusastraan barat, seperti Amerika dan Eropa. Ciri khas dari genre ini terdapat pada ide ceritanya yang mengangkat hal-hal magis, supranatural, surealis namun tetap logis. Bisa dibiang genre ini adalah genre yang mempunyai tingkat imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Contohnya adalah Harry Potter

  • Novel Fan-Fic/Fiksi Penggemar

    Genre seperti ini banyak digemari oleh kaum hawa, utamanya remaja. Sebab novel seperti ini mengangkat tentang cerita fantasi seorang idola yang ditulis oleh penggemarnya. Tokoh yang digunakannya bisa tokoh nyata maupun tokoh fiksi yang jadi idolanya. Contohnya adalah Four Season’s Tales

  • Novel Petualangan

    Genre ini menitik beratkan pada alur dan cerita yang berkesinambungan. Adegan dan dialog di dalamnya menerangkan situasi. Sedangkan latar yang tergambar dalam cerita biasanya lebih mendetail. Novel dengan genre seperti ini kebanyakan bercerita tentang sebuah misi, dengan ending cerita yang jelas tetapi penyelesaian yang menggantung. Contohnya adalah A Journey to The Centre of The Earth

  • Novel Sejarah

    Genre ini bisa dibilang genre yang masuk non fiksi, namun ada juga yang masuk area abu-abu (tidak sepenuhnya fiksi atau non fiksi). Ceritanya diangkat dari kisah sejarah, mitos, atau legenda yang pernah ada di tengah-tengah masyarakat. Biasanya dalam bercerita, penulis menambahkan opininya terhadap sejarah tersebut. Contohnya adalah Amba

3. Macam Genre Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

  • Novel Teenlit

    Novel ini mengambil cerita tentang kehidupan remaja. Kebanyakan dari genre ini mengangkat kisah persahabatan, percintaan dan cita-cita. Latar yang dipakai kebanyakan adalah sekolah dan kampus. Contohnya adalah Dealova

  • Novel Chicklit

    Novel ini sering disamakan dengan teenlit, padahal berbeda. Chicklit menggunakan cerita bertemakan kehidupan wanita muda dan segala permasalahannya. Latar yang dipakai biasanya adalah kamar tidur, kafe, restoran dan taman. Contohnya adalah Nyawa

  • Novel Metropop

    Novel yang ditulis berdasarkan cerita tentang wanita kosmopolitan yang berkutat dengan perkantoran. Biasanya tokoh di dalamnya mempunyai masalah yang kompleks seputar kehidupan, percintaan, karir dan ambisi. Contohnya adalah Perahu Kertas

  • Novel Songlit

    Novel yang ditulis berdasarkan sebuah lagu. Bisa dikatan bahwa novel ini merupakan pengkisahan dari lirik lagu dan imajinasi penulisnya . Contohnya adalah Sebelum Cahaya

  • Novel Dewasa

    Novel yang bercerita tentang kehidupan orang dewasa. Isu-isu dan tema yang diangkat hanya bisa dipahami oleh orag dewasa. Tentu saja sejak awal memang ditujukan untuk pembaca dewasa. Contohnya adalah Ronggeng Dukuh Paruk

293 thoughts on “Berbagai Macam Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya”

  1. Hai.
    Aku zizi.
    Aku lagi belajar nulis nih.
    Kalo ceritanya tentang kehidupan rumah tangga tapi ada bbrp plot yg memaparkan kilas balik masa lalu waktu remaja, dalam artian belum menikah gmn?
    Alurnya dibuat maju mundur gitu.
    Itu ikutnya genre teenlit/umum(dewasa)?
    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Alur yang cocok digunakan untuk cerita masa sekarang dengan melibatkan cerita masa lalu memang alur maju mundur. Tujuannya supaya pembaca tidak bingung dengan cerita yang kita tulis. Jadi cerita sekarang bisa begini karena dulunya begitu, atau dulu begitu kemudian dampaknya begini, dan seterusnya. Sehingga dari bagian ke bagian cerita akan mengalir saling menyambung tanpa ada yang terlewatkan.

      Mengenai genre ada dua pilihan, untuk wanita muda yang baru menikah bisa ambil chicklit, sedangkan kalau ceritanya lebih kompleks dan temanya menitikberatkan permasalahan wanita dewasa, ambil genre novel dewasa.

      Reply
      • Gan, namanya siapa? Saya mau masukkan anda di buku saya, dan mau dimasukkan ke daftar pustaka.. mohon ijin

        Reply
          • Selamat malam, kak.
            Saya suka menulis cerita gak jelas dibuku. Kali ini saya mau mempublikasikan nya lewat salah satu aplikasi. Cerita tentang seorang gadis yang kehidupannya ancur, dan ada bagian percintaannya. Tapi lebih mencerikatakn kehidupan ilusinya (jadi dia hidup dalam ilusi yang dia buat sendiri). Ini masuk ke genre apa ya Kak?

          • Mau nanya dong,kalau cerita tentang kehidupan anak sekolah tapi jalan ceritanya tentang keluarga dan didalamnya itu ada beberapa kejadian berkelahi dan tembak-menembak gitu,kalau boleh tau, termasuk genre apa ya min?,maaf kalau agak bertele-tele.

          • Hai kak!
            Aku kiky..
            Seorang remaja yang pernah belajar di pondok..hobiku nulis-nulis cerita pendek di suatu buku yang aku sediakan.
            Terkadang, aku menulis cerita harianku, dan kadang juga tentang imajinasiku aja..
            Sekarang aku mau belajar mempublikasikan kak.
            Tentang kehidupan seorang remaja yang rela mengorbankan lelaki yang dicintainya demi sahabat tercintanya. Namun masa lalu kelamnya ternyata berhubungan erat dengan sahabatnya itu kak.
            Alurnya dibuat maju mundur kak.
            Gimana saran kakak??
            Mohon bantuanya kk..Wslm.

          • Memang lebih baik alurnya maju-mundur. Kalau ingin lebih membuat penasaran, konfliknya ditaruh di depan lalu ditarik ke belakang sebab dari konfliknya, dibawaa ke depan lagi (lanjutan konflik) lalu ke belakang lagi, dst.

      • Kak mau nanya nih. Aku nulis cerita gitu. Dalam cerita itu, menceritakan kehidupan seorang remaja usia 16 yang selalu di kuasai oleh egonya, pikiran dan hatinya selalu ngga sejalan gitu. Nah dia juga korban bully gitulah Kak, males interaksi sama orang baru, selalu merasa sendiri walaupun dia punya satu sahabat. Nah dia juga selalu di banding-bandingin gitu ama ortunya. Jadi dia memilih melampiaskan rasa sakitnya itu pada dirinya sendiri. Sampai ada seorang sahabatnya yang menyadarkan dia kalau hidup ngga sekonyol itu. Menurut Kaka ini masuk genre apa sih. Aku rada-rada bingung soalnya.

        Reply
      • hy kak aku angel jdii aku bikin cerita pasangan suami istri yang mempunyai anak autism spectrum jadi mereka menikah bukan atas dasar cinta melaikan keterpaksaan, dan dateng wanita yang memberikan warna ke kehidupan si cowok sama anaknya kira kira genrenya apa ya kak???

        Reply
        • Masuk ke genre dewasa.
          Sebagai catatan, untuk cerita yang mengambil tema seperti autisme, depresi, bipolar dan semacamnya harus berdasarkan riset yang cukup mendalam, walaupun karya fiksi. Tidak bisa tanpa riset dan hanya sebatas dibayangkan. Sebab apa yang kamu tulis nantinya harus sedemikian sama dengan fakta di kehidupan nyata. Karena bisa jadi yang membaca nanti orang yang mengalami, yang bersinggungan langsung atau praktisi. Jadi mereka tidak akan merasa aneh dengan cerita yang kamu tulis karena kenyataan atau faktanya tidak seperti itu.

          Reply
    • Kak kalau genre chicklit tapi dlm sudut pandang laki laki bisa nggak, jadi aku pengen nyeritain tentang segala permasalahanku gitu. Intinya pengen meluapin segala unek unek ditulisan

      Reply
      • Umumnya chicklit tokoh sentralnya perempuan. Mungkin bisa dibuat twist sedikit. Misalnya tokohnya perempuan yang bertukar tubuh atau dikutuk jadi laki-laki, atau semacamnya.

        Reply
    • Saya baru pemula
      Saya mau nanyak kalau ceritanya tentang kehidupan pribadi saya yg sangat sulit untuk meraih cita cita dan di cerita tersebut diisi dengan rasa kebingungan,ini termasuk genre apa ya?

      Reply
      • Sebenarnya yang seperti ini bisa masuk ke beberapa genre seperti teenlit, chicklit, metro pop atau dewasa. Tergantung usia tokoh utama, setting, permasalahan utama yang diangkat. Jika penjelasannya seperti ini masih terlalu umum untuk ditentukan genre apa yang masuk untuk novelmu nantinya.

        Reply
    • Kalau temanya cinta dan peruangan akan lebih mudah penyampaiannya kalau dimasukkan genre metropop atau genre dewasa.

      Reply
    • Kalau temanya cinta dan perjuangan akan lebih mudah penyampaiannya kalau dimasukkan genre metropop atau genre dewasa.

      Reply
  2. Perkenalkan saya suci. Yang ingin saya tanyakan adalah jika kita menawarkan tema fiksi, misalnya tentang adanya mesin waktu, bagaimana caranya agar pembaca percaya terhadap mesin waktu tersebut tanpa merasa “dibohongi” sehingga pembaca dapat mengikuti alur cerita secara mengalir. Meskipun secara realita, mesin waktu belum diterima kebenarannya secara sains. Terima kasih 🙂

    Reply
    • Ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama menekankan sisi mustahilnya yang kemudian membuatnya menjadi mungkin dengan suatu jalan (Contoh: Steins;Gate dan Kimi No Na Wa). Kedua memang sejak awal dimunculkan kemungkinan tersebut lalu membuat jalan cerita pengandaian, kalau mesin waktu itu benar-benar ada, lantas apa yang terjadi atau apa yang ingin dilakukan (contoh: Back to The Future).

      Reply
    • Kakak..
      Aku mau nanya dong.
      Aku berencana mau bikin cerita wattpad dengan alur.
      Seorang gadis yg mengalami suatu phobia dan seorang laki² yang bertaruh dengan temannya untuk menaklukkan gadis tersebut tanpa tau phobia sang gadis. Di dalamnya mau aku masukkan unsur komedi dan percintaan romantce juga. Itu masuk genre apa ya?
      Supaya mudah, mau aku ambil alur tempat pertemuannya disekolah.

      Reply
      • Genre teenlit.
        Sedikit saran, kalau memang pakai unsur komedi, jangan terlalu berlebihan atau terlalu garing. Sekedarnya saja.

        Reply
  3. Hai aku putri
    Pemula atau lagi belajar nulis novel.
    Nah cerita yang aku tulis ini tentang seorang detektif wanita yang tiba2 suka sama patner barunya sendiri. Tapi ternyata si patner barunya ini punya masa lalu yang kelam sehingga tidak bisa menyukai si detektif wanita. Tapi di tulisan aku juga tentang penangkapan seorang pembunuh.
    Itu ikutnya genre apa ya?
    Dewasa/romantis/thriller?
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Kalau melihat dari penjelasan singkatnya, baiknya novel seperti ini mengambil genre thriller, misteri, atau suspense. Ketiga genre tersebut sekilas sama, namun berbeda. Apa perbedaannya?

      Genre misteri menonjolkan sisi cerita yang banyak memutar otak. Genre thriller menonjolkan sisi cerita yang mengancam nyawa atau misi berbahaya. Sedangkan genre suspense menonjolkan sisi gelap tokoh di awal dan membuat penasaran akan kisah dibalik kehidupan gelapnya, sampai di akhir, pembaca akan menemukan twist (ending cerita yang tak disangka-sangka).

      Reply
      • Kaka.. Ak baru mau bljr nulis. Klo ceritanya tentang dua org cowo yg kena penyakit dan berjuang buat sembuh tpi akhirnya salah satu dri mereka mati itu genrenya apa ya kak?

        Reply
    • Ambil genre komedi lalu benang merah ceritanya berikan unsur misteri ala detektif. Kalau diporsikan, 55% komedi dan 45% misteri. Kenapa seperti itu? Karena unsur misteri dan komedi harus digarap sangat hati-hati, supaya komedinya dapat, misterinya juga dapat. Beda dengan komedi percintaan, kalau jenis ini bisa 70% komedi dan 30% percintaan.

      Reply
  4. min mau tanya dong, saya pemula dan sedang membuat novel, bingung utk menentukan genre. novel saya berisi tentang seorang pria humoris yang takut utk mengenal cinta karena kehidupan broken home yang ia alami, namun pada akhirnya ia ingin merubah semuanya dan telah berhasil untuk menemukan cintanya. didalam cerita tersebut terdapat unsur persahabatan, keluarga dan percintaan.

    Reply
    • Tentukan dulu genrenya apa, baru nanti membuat draft awalnya yang lebih rinci. Uraian di atas termasuk gambaran kasar yang sifatnya masih terlalu luas.

      Reply
  5. Kalau berdasarkan sejarah tapi ditambahi cerita karangan.. atau sejarah fiksi bgaimana, bolehkah seperti itu?

    Reply
    • Boleh, yang seperti itu banyak dibuat oleh penulis dalam negeri maupun luar negeri. Namun perlu diingat, data sejarah yang otentik akan membuat novel makin kuat, jadi fiksi hanya seputar petualangan atu opini tokoh saja, sisanya dibuat seriil mungkin.

      Reply
  6. Mau nanya dong..!!
    Saya masih membiarkan tulisan ku terbengkalai tak terurus, jadi saya juga ingin bertanya untuk genre seperti ini , cocoknya apa dan biar saya bisa kembangkan yang selanjutnya. ( karena Tundaan ).
    – Menceritakan tentang masa dimana seorang pemuda yang memiliki kenangan masa kecil terus ia menceritakan kepada rekan kerjanya, tentang masa dimana ia masih sekolah dan ikut pramuka. terus disini menceritakan tentang suka duka, meraih kejuaraan dan juga hal segala macam ( komedi dan fantasy )
    jadi untuk ini, genre cocok buat ini apa ya ?

    Reply
    • Munkin cocoknya genre remaja – motivasi – komedi. Intinya petualangan anak sekolahan untuk meraih apa yang dia impikan dimasa muda.

      Reply
  7. Halo. Maaf sebelumnya. Tapi kata guru bahasa indonesia saya, novel fiksi itu bukan yg cerita2 gitu. Tapi lebih ke yg seperti motovasi, recipe, how to, travelling, dll. Jadi kalo cerita kaya Laskar Pelangi itu udah masuk fiksi. Karena pasti ada yang ditambah-tambahin. Terimakasih.

    Reply
    • buku motivasi, resep, cara, wisata, itu masuk kategori non fiksi (bukan fiksi), buku yang ditulis berdasarkan hal-hal nyata yang memang seperti itu adanya. jadi dalam buku resep masakan, tidak ada kalimat, “Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tuangkan cinta dan kasih sayang secukupnya”.

      Sedangkan untuk untuk Laskar Pelangi masuk ke novel non fiksi, maksudnya novel yang didasarkan pada pengalaman nyata. Namanya novel pasti ada beberapa imbuhan dan bumbu-bumbu yang diberikan. Itu wajar, memang seperti itulah novel. Harus ada sisi emosi ang bisa disentuh melalui kalimat-kalimat sepanjang cerita.

      Reply
  8. selamat pagi…

    kak, aku mau tanya misalkan menceritakan masa lalu nya waktu sekolah SMP betapa bodohnya dia seringkali memberi kesempatan kepada seorang laki-laki yang di anggap kakak angkat dia yang janjinya tidak akan pernah lagi membohonginya, tapi apa…? dia malah mengulanginya kembali.

    aku bingung kak, genrenya apa….

    Reply
    • Genre yang cocok untuk benang merah cerita seperti ini adalah teenlit. Usahakan situasi dan kondisinya sama persis dengan apa yang kebenyakan siswi smp rasakan. Sehingga teenlit yang kamu hasilkan tidak hanya sebatas fiksi semata, namun fiksi yang mengena di hati pembacanya.

      Reply
    • Bisa ambil genre teenlit. Banyak yang menyukai tipe cerita dan setting yang seperti ini. Kalau bisa mengolah ide ceritanya, kemungkinan besar novelmu akan banyak diminati pembaca, khususnya kalangan remaja.

      Reply
    • Mau tanya dong kalo misalnya kisahnya itu tentang percintaan trs nyeritain juga tentang religi itu termasuk ke novel genre apa yah ?

      Reply
      • Kalau yang seperti ini biasanya masuk ke religi, percintaan ditempatkan sebagai benang merah atau hanya sekedar bumbu dalam ceritanya.

        Reply
  9. Bahasannya bagus.
    Apakah boleh tema sejarah semi fiksi? Saya kuatir jika dianggap sebagai kebohongan.
    Mohon petunjuknya. Terima kasih

    Reply
    • Boleh, sangat boleh. Banyak penulis yang mengambil tema serupa. Salah satunya adalah Laksmi Pamuntjak dengan novelnya yang berjudul Amba.

      Reply
  10. Tanya dong min,kalau misalnya ceritanya ada unsur remaja,komedi dan islaminya..kira-kira cocoknya masuk dalam genre apa ya?
    Terima kasih

    Reply
    • Cocoknya genre teenlit. Masukkan unsur komedi dan religinya dalam keseharian si tokoh dalam cerita novelmu.

      Reply
  11. saya dhiana, dari timika papua, saya pemula dalam menulis novel, saya mau menuliskan novel non fiksi.. cerita tentang kisah pribadi nyata, tetapi edikit berhubungan dengan kedua orang tua, dan keluarga apakah saya harus menggunakan nama samaran atau bagaimana ya solusinya ???

    Reply
    • Bisa pakai nama asli, bisa juga pakai nama samaran. Kalau pakai nama asli, pastikan tidak melanggar privasi orang tersebut, caranya dengan meminta izin dan meminta pendapatnya. Kalau ingin lebih mudah, pakai saja nama samaran.

      Reply
  12. Halo,
    Bagaimana dengan kisah remaja yang menitikberatkan pada masalah psikologis, apakah ada baiknya cerita ini masuk dalam teenlit/teen fiction atau genre lain?
    Terima kasih.

    Reply
    • Kalau yang seperti ini masuk teenlit. Kamu bisa ambil tema gangguan psikologis tertentu yang dialami si tokoh utama yang mempengaruhi kehidupannya. Ceritanya akan sangat menarik sekali kalau kamu bisa membangun alur dengan tema tersebut. Karena jarang-jarang ada genre teenlit yang berani mengambil tema selain tema sejuta umat, tema percintaan.

      Reply
  13. Saya purnomo. Mau tnya dong min ?
    Saya ingin membuat novel kisah nyata. bagus nya genre apa ya ?

    Reply
  14. Maaf, saya mau bertanya, saya belum pernah menulis sebelumnya jadi saya agak bingung menentukan gendrenya, jadi begini ceritanya ada sepasang kekasih yang terjebak dalam kesalahpahaman tapi sebelum semuanya jelas si wanita kecelakaan dan dilaporkan meninggal, si pria sedih karena belum sempat menjelaskan kesalahpahaman mereka. Dan tiga tahun kemudian mereka bertemu disebuah klub malam dan disana si wanita bekerja sebagai ‘cewe jadi2an’ si pria kaget dan tidak percaya, setelah itu si pria membawa si wanita kerumahnya dan menyusun sebuah rencana untuk mengetahui siapa sebenarnya ‘wanita jdi2an’ itu saat semua terungkap ternyata si wanita lupa ingatan dan terjebak hutang itu sebabnya dia bekeja sebagai ‘begituan’. Jadi itu gendre apa ya?

    Reply
  15. Hai .. saya karina lagi coba coba nulis novel . Ceritanya tentang seorang gadis yang mempunyai ambisi dan cita cita yang tinggi namun harus berakhir dengan perjodohan di usia muda . Apa ya kira kira genrenya …

    Reply
    • Kalau The Hobbit masuknya ke fiksi fantasi. Cerita fiksi yang didasarkan pada cerita fantasi yang dibuat si pengarang. Mulai dari tokoh, setting, sampai jalan cerita didalamnya, semuanya imajinasi berdasarkan khayalan si pengarang sendiri.

      Reply
  16. Assalamu’alaikum, saya atha, saya sedang belajar menulis, saya menangka cerita tentang persabatan yang berujung pada perasaan cinta diantara mereka. namun perasaan itu tidak pernah terucap, tapi saling menyadarinya, disisi lain masing2 dari sahabat ingin memperdalam tentang agama, jadi mereka berperang dengan diri sendiri antara mengorbankan persahabatan demi cinta, cinta demi persahabatan, mempertahankan ego cinta atau mempertahankan keyakinan (agama). itu masuk genre apa yaa?

    Reply
    • Kalau tentang persahabatan anak muda (20 tahun kebawah) bisa masuk genre teenlit atau genre teenlit-religi (remaja-islami) juga bisa. Sedangkan untuk di atas itu (dengan cerita lebih kompleks) bisa dimasukkan ke genre religi (islami) atau dewasa.

      Reply
  17. Nama saya Farrij…saya sangat pemula dalam menulis novel, izin bertanya…jdi sya rencana mau bikin novel romance tapi latarnya kayak di zaman kerajaan²ku jdi ada action..apakah bisa novel yg seperti itu?
    Maklum sya benar² pemula hehe….terimakasih

    Reply
    • Bisa. Tentu saja bisa. Tentukan saja genrenya, lalu sesuaikan latarnya dengan tokoh dan enokohan yang as untuk genre tersebut.

      Reply
  18. Hai kak, aku penulis pemula juga klo menceritakan kehidupan seorang anak perempuan dari kecilnya hingga dewasa yg dalam ceritanya ada unsur cinta, cita cita, kesedihan, dan perjuangan apa ya ganre nya?

    Reply
    • Genre yang cocok sepertinya slice of life (penggalan kehidupan). Tapi sebaiknya ada bagian yang lebih ditekankan. Misalnya slice of life – psikologi, slice of life – misteri, atau mungkin slice of life – romance. Jadi ada unsur tema cerita yang memperkuat isi dan alur cerita, tidak hanya kisah hidup biasa yang terkesan datar saja.

      Reply
  19. Hai… ehem… aku david… aku pembaca novel… aku pengen nanya dong, kalo isi novelnya itu tentang mitologi dan perjalanan waktu, tema yang cocok kira” apa ya ?

    Reply
    • Fiksi fantasy legenda mungkin yang paling cocok kalau untuk mitologi. Sedangkan untuk perjalanan waktu atau mesin waktu lebih cocok kalau temanya fiksi fantasy futuristik (fiksi fantasi khayalan masa depan).

      Reply
  20. Mau bertanya, aku lagi belajar nulis novel , genre yang pas buat tulisan aku itu masuk ke chikclit atau novel dewasa? Menceritakan tentang kehidupan wanita berusia 22 tahun yang mencoba meraih impiannya yaitu dapat dianggap sebagai anak oleh ayahnya yang menelantarkannya dulu, dengan menjadi bodyguard nya! Ada sedikit action di dalamnya , bagaimana ya?

    Reply
  21. Halo kak, nama saya Mei. Saya mau tanya nih, saya sedang mengerjakan novel. Novel saya ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang.. gimana ya cara menjelaskannya. Yang jelas, ini bukan tentang cerita masa muda yang penuh dengan cinta. Lebih seperti kehidupan yang sebenarnya. Anak broken home yang mempunyai dua sisi yang sangat berbeda. Juga, ceritanya lebih menjerumus ke dalam genre hurt. Oiya, ada sisi romance nya juga kak. Cuman dikit doang. Nah, yang saya mau tanyakan, kira-kira genre apa yang pas kak? Dan tolong jelaskan dong kak yang namanya general fiction itu. Makasih kak…

    Reply
    • Mungkin lebih cocok kalau masuk ke slice of life (sepenggal kehidupan) dengan latar belakang kenangan buruk tentang cinta, komitmen, dan hubungan.

      General Fiction dalam dunia literasi sering disebut sebagai “fiksi umum”. Fiksi umum sebenarnya cukup lazim dan banyak dijumpai dalam dunia penerbitan barat. Fiksi umum meliputi seluruh karya sastra yang tidak masuk dalam genre-genre yang disebutkan di atas. tidak dikategorikan atau diluar kategori yang sudah di.

      Reply
  22. hi kak, aku mau tanya nih.

    kan aku buat cerita, Kisah 2 orang wanita yang mencintai pria yang sama, si 2 orang wanita itu menjalin hubungan persahabatan.

    nah singkat ceritanya gitu aja yah. dan endingnya si salah satu wanita itu jadi sama si pria (dalam artian menjalin hubungan).

    kira-kira masuk genre apa ya kak? romance/ teenfiction ?

    Reply
  23. Kak mau tanya, kalau cerita novel nya tentang suatu keluarga dan di tambah kisah romantis dan lucu termasuk genre apa?

    Reply
    • Slice of life (sepenggal kehidupan) bisa, komedi-romantis juga bisa. Tinggal yang mau ditonjolkan sisi yang mana. Kalau lebih ke kisah kehidupan sebuah keluarga masuk ke slice of life. Kalau keluarga hanya sebagai tema sampingan, lebih baik ambil komedi-romantis.

      Reply
    • Buka dengan deskripsi yang bagus atau pertanyaan yang mengundang pembaca untuk mengikuti lanjutan certanya. Kamu bisa memancing rasa penasaran pembaca dengan konflik di awal atau percakapan antar tokoh. Banyak cara yang bisa kamu coba dan formulasikan.

      Reply
  24. Assalamu alaikum
    Hai kk, aku penulis pemula pengen buat novel kira-kira begini ceritanya, seorang remaja ingin membuktikan bahwa jurusan ips yang di gelutinya bukanlah pilihan terakhir dan buruk. Anak2 ips di sekolahnya selalu jadi bahan bulliying anak2 ipa. Sampai suatu saat ketika usianya 25 tahun ia berhasil merobohkan anggapan itu dengan mendirikan sebuah perusahaan bergengsi yang ternyata orang yang membulliyingnya dahulu menjadi pegawai / asistennya. Genre yang Pas apa ya..

    Reply
    • Sebelumnya terima kasih untuk ilmunya. Saya ingin bertanya kalau cerita yang saya buat ini tentang seorang ibu yang kehilangan anaknya karena terseret arus di sungai saat hujan. Jadi setiap hujan ibu ini mempunyai kebiasaan aneh yang timbul akibat merindukan anaknya. Orang di sekitarnya sudah berusaha membantu agar ibu ini sadar kalau anaknya sudah pergi.

      Nah tokoh utamanya kan ibu2 usia 30 tahun. Lalu genre yang cocok untuk cerita saya ini apa ya, Kak?

      Reply
      • Genre dewasa lebih cocok. Tapi kalau ceritanya seperti ini lebih baik dibuat cerpen ketimbang novel.

        Reply
    • Paragraf pembuka bisa dibuat dalam beberapa jenis, bisa deskripsi, pertanyaan, konflik atau bahkan percakapan. Tergantung penulisnya ingin membuka seperti apa.

      Reply
      • Hai kak nama aku aurel, jadi aku baru mau mulai nulis novel kak dengan genre teenlit tapi aku bingung kak cara memulai nya misalnya kayak dari bagian prolog nya kak.. gmn yaa kak cara mulai awalannya? mohon dijelaskan juga ya kak

        Reply
        • Prolog bisa dimulai dengan penggambaran kisah si tokoh utama, masalah yang dihadapi tokoh utama, percakapan, maupun setting cerita. Coba kamu eksplor beberapa metode penulisannya. Prolog yang mengundang rasa penasaran akan membuat pembaca tertarik.

          Reply
  25. Hey..
    Klo semisal kita Hanya membuat tulisan sesuai dengan apa yang kita rasakan, mungkin bisa dibilang kita buat Carita dari kehidupan kita sehari2 tp Hanya ungkaapan ajar bukan Menceritakan dari awal hingga akhir jd ya gitu, kira2 yg begin termasuk ke genre apa ya

    Reply
  26. kalo ceritanya tentang fiksi , romance, adventure kira kira genrenya apa? dan bagaimana cara menulis novel dengan waktu yang efektif, misal kita target tanggal sekian udh jd, bagaimana bisa untuk mencairkan pikiran dalam waktu yang telah ditentukan itu? lalu untuk masalah penerbitan novel kira-kira kepada siapa kita mengirimkan novel yg telah jadi agar segera diterbitkan?

    Reply
    • 1. Sepertinya kategori novel dewasa atau fantasi lebih tepat.
      2. Kalau masalah tenggat waktu tergantung pada jadwal keseharian penulis, tidak mungkin semua penulis punya waktu yang sama. Jadi sesuaikan saja dengan jadwal harianmu. Ada waktu senggang kapan? Pakai saja untuk menulis, tetapi harus dengan target. Misalkan menulis 5 halaman selama 2 jam per hari dan 10 halaman selama 4 jam di akhir pekan. Tenggat waktu selesai satu naskah 3 bulan. Itu salah satu contoh saja.
      3. Kalau untuk mencairkan pikiran tidak ada formulanya. Tetapi cara mengantisispasi stuck saat menulis ada. Caranya kamu buat kerangka novel yang sistematis per bab, setiap bab ada inti cerita dan penjabaranya secara umum. Nanti saat menulis naskah bisa kamu pertegas lagi inti dan beberapa cerita didalamnya. kalau kamu lupa, stuck, tinggal baca kerangka novelmu tadi. Jadi kamu tidak akan terjebak di masalah stuck menulis lagi.
      4. Untuk novel dewasa sebaiknya kirim ke bentang, grasindo, atau gramedia. Kalau untuk novel fantasi sebaiknya diterbitkan di Mizan.

      Reply
  27. Halo saya riki mau nanya, novel saya tokohnya sepasang remaja sma, tp temanya agak dewasa seperti pelacuran, kapitalisme, dan patriotik gitu. Sebaiknya nanti saya kirim ke penerbit sebagai novel remaja atau dewasa?
    Sebagai tambahan, saya menulis pakai bahasa baku kasual, bukan bahasa gaul ala remaja, dan pada satu bab khusus bercerita tentang keluarga si tokoh utama (flashback) seperti pada sastra serius gitu.
    Mohon sarannya

    Reply
  28. halo, saya ingin bertanya. Saya penulis pemula yang rencananya akan membuat novel tentang dua tokoh yang satunya hidup di abad ke-18 dan yang satunya lagi hidup di masa kini. Di dalamnya memuat percintaan remaja dari tokoh masa kini, dan ada pula dari tokoh abad ke-18. Kira-kira genre novel apa ya masuknya? Trims..

    Reply
    • Kalau dari yang seperti ini masuknya tetap teenlit (remaja), hanya latar atau settingnya saja yang abad 18 dan modern.

      Reply
    • Kalau ending sendiri pada dasarnya adalah hak dari si penulis sendiri. Jadi orang lain tidak bisa menyarankan akan seperti apa ending dari cerita yang ditulis oleh si penulis tersebut. Justru seharusnya ending yang ditulis oleh seorang penulis novel lah yang nantinya harus mau tidak mau diterima oleh pembaca, baik itu ending yang bahagia, sedih, maupun menggantung.

      Reply
  29. kak saya baru belajar menulis dan saya ingin sekali menulis novel tentang kehidupan saya. jadi intinya, di dalam novel itu berisi tentang segala permasalahan dan ujian dalam kehidupan Tokoh utama. selain itu ada juga 1 atau 2 bab yang mengisahkan tentang kisah cinta tokoh utama yang berakhir tragis.
    kemudian, apa bisa bila Tokoh utama memiliki peran ganda? maksudnya peran ganda itu tokoh utamanya berada dalam rentan waktu yang berbeda.
    terima kasih

    Reply
    • Maksudnya tokoh utama dimasa depan datang ke masa lalu untuk membantu dirinya sendiri? Bisa. Ide yang bagus itu. Pasti menarik.

      Reply
  30. Kak,Saya pemula menulis naskah novel inti dari novel nya
    Mengisakan tengtang kehidupan tokoh utama yang menyukai hal hal baru dan selalu dikaitkan dengan masa lalu.tengtang anak remaja

    Reply
    • Boleh saja. Genre yang cocok teenlit. Tinggal kamu buat ide cerita yang lebih matanglalu buat kerangka novelnya secara utuh. Baru setelah itu ditulis naskah lengkapnya.

      Reply
  31. Hai! Nama aku Desi. Aku lagi belajar nulis novel, nih! Aku mau nanya genre yang cocok buat novel aku. Ceritanya tentang benci, cinta, pengkhianatan dan perpisahan. Kira-kira genre apa yang cocok untuk novel aku?

    Reply
    • Tergantung tokoh, setting dan juga alur ceritanya. Kalau tokoh didalamnya anak sma, setting utamanya disekolah, dan alur ceritanya tidak terlalu rumit bisa ke teenlit. Kalau tokohnya orang dewasa, setting utamanya bukan disekolah, dan alur ceritanya sedikit rumit bisa ke genre novel dewasa.

      Reply
  32. Min mau tanyak, aku mau buat novel dan cerita yang ku angkat tentang perjuangan seseorang untuk merebut cintanya kembali, tapi ada alu flashbacknya sewaktu sekolah menceritakan kejadian dimana mereka dulu bertemua. Usia yg aku pake 20-an keatas. Genre yang pas kira kira apa ya min. Makasih

    Reply
    • Sebenarnya untuk novel yang mengangkat cerita tentang si tokoh yang berusia 18-20 masuk ke genre new adult. Sedangkan untuk tokoh usia 21-25 masuk ke genre chicklit.

      Reply
  33. Gini nih saya lagi nulis novel nih nentuin genrenya, novel saya bisa dibaca di kompasiana, yang saya upload secara bersambung berjudul wayang saga series, ketik aja di google. Apakah itu novel fiksi atau sejarah, atau keduanya fiksi sejarah. Saya butuh profil saran anda. Terima kasih atas perhatiannya salam by Jannuary biru.

    Reply
    • Kalau isi ceritanya berkenaan dengan sejarah, maka masuknya fisi sejarah. Tetapi kalau isinya tentang mitologi, yang kebetulan memasukkan unsur sejarah, masuknya lebih tepat ke genre fiksi fantasi.

      Reply
      • Kak mau tanya kalau cerita mengisahkan keluarga yang harmonis, lalu suatu hari keluarga mereka memiliki masalah dan menyebabkan pertikaian yang hebat. Kira kira itu masuk genre apa ya

        Reply
  34. Min mau nanya nih, cerita yg gw tulis itu tentang keluarga tetapi di bumbui dengam time travel gitu.
    Nah gw bingung genre yg cocok dengan ceritaku apa ya? Tolong bantu ????

    Reply
    • Berarti masuknya ke fiksi fantasi. Sebab ada unsur “time travel” yang merupakan fantasi atau khayalan.

      Reply
  35. Kak, mau tanya. Pembaca kebanyaan suka pakek gaya bahasa baku atau nggk? Aku bingung disini. Jadi, tolong sarannya kak. Sebaiknya pakai bahasa baku atau nggk?

    Reply
    • Tergantung genre novelnya, kalau genre dewasa, fiksi sains (sci-fi), fiksi sejarah, atau fiksi fantasi sebaiknya pakai bahasa baku. Kalau selain genre itu boleh pakai bahasa gaul sepenuhnya atau campuran. Apalagi kalau untuk teenlit dan humor cenderung lebih bagus kalau memakai bahasa gaul atau bahasa sehari-hari.

      Reply
  36. Maaf saya mau tanya.
    Kalau cerita yang seperti ini cocoknya genre apa ya?

    Seorang laki-laki muda terlibat masalah sama preman-preman demi menyelamatkan gadis muda yang dijual sama orangtuanya ke pria tua untuk dijadikan wanita penghibur. Pemuda itu gak bisa mati dibunuh beberapa kalipun sama preman-preman tersebut.

    Jadi yang seperti ini cocoknya genre apa ya, min?

    Reply
    • Ini sedikit rumit, maksudnya tidak mati itu bagaimana? Apa zombi, apa punya ilmu kebal atau bagaimana?

      Reply
    • Dwilogi artinya novel berseri yang terdiri dari 2 seri novel (2 jilid buku). Trilogi artinya novel berseri yang terdiri dari 3 seri novel (3 jilid buku). Tetralogi artinya novel berseri yang terdiri dari 4 seri novel (4 jilid buku). dst. Jadi dwilogi, trilogi, tetralogi digunakan untuk menyatakan jumlah seri novel (berapa jumlah jilid novelnya), namun kesemuanya itu masuk dalam kategori novel berseri.

      Reply
  37. Assalamualaikum kak,
    Klau isi cerita berkisah tentang masalah kehidupan keluarga tokoh utama (wanita 21th) dan sisi gelap tokoh (pria), tentang impian dan ambisi yang menyebabkan hubungan dengan Preman (gangster), diselingi kisah percintaan kedua tokoh.
    Genre yg cocok chicklit, Suspense, thriller, dewasa, slice of life atw gmn kak?
    Terima kasih

    Reply
  38. Kak, pengen nanya.
    Kalo misalnya kita mau memulai menulis novel, bagusan yg mana…? Apakah dimulai dengan tokoh utama yg memperkenalkan dirinya sendiri, atau si penulis yg memperkenalkan tokoh utamanya, atau dimulai dari si tokoh utama itu baru bangun tidur atau bagaimana?
    Ceritanya ini tentang seorang cewek yang mengimpikan seorang sahabat sejati.
    Mohon penjelasan dan bantuannya kak! ????

    Reply
    • Kalau tahap pengenalannya bebas, tergantung bagaimana penulisnya. Tetapi usahakan pada tahap pengenalan itu harus ada unsur yang membuat pembaca penasaran. Sebab kalau pembaca bisa penasaran dengan sesi perkenalan tokoh, biasanya ia akan tertarik pada cerita lengkapnya.

      Reply
  39. Kak, mau tanya. Kalo ceritanya tentang sahabat yang terpisah kemudian mereka berusaha bersatu kembali tapi selalu ada halangan itu termasuk genre ala ya?

    Reply
  40. Halo kak. Mau nanya seputar menulis. Bisa kah satu novel memiliki lebih dr 1genre? Kalau ada kisah seorang pria berpropesi sebagai ceo&intel yg angkuh, misterius, sadis, tiba” bertemu sama cinta pertamanya setelah 10th dg perbedaan usia mereka yg terpaut 11th.. Menurut kakak cocoknya genre apa ya? Terimakasih.

    Reply
  41. Kak mau tanya kalo ceritanya tentang percintaan dan perjuangan cinta tapi juga membahas tentang agama(islami) kira-kira masuk ke genre apa ya? Apa bisa jika fiksi islami? Terimakasih.

    Reply
  42. Assalamualaikum.. Min, saya mau bikin novel, masih brlajar sih. Kalo kisah cinta antara hantu dan manusia, termasuk genre apa ya?

    Reply
  43. Saya Darmanelly seorang dokter, ingin jadi penulis. Banyak kisah dari pasien yg bisa diangkat sebagai pembelajaran agar orang lain tidak mengalami hal seperti yang dialami pasien tersebut. Jadi sifatnya nasehat. Juga memberikan motivasi kepada pasien agar lebih sabar dengan menambahkan beberapa ayat Alqur’an. Tapi sebelum nya diceritakan kisah sulit yg dialami oleh pasien tersebut. Mungkin nanti nya nama nya disamarkan. Itu masuk ke genre apa. Dan supaya menarik tata bahasa nya seperti apa. Apakah duka lara pasien boleh di bumbui agar menjadi lebih sangat menderita agar pembaca bisa mengambil hikmah dari pengalaman buruk pasien (kasus) tersebut.
    Mohon masukan. Terima kasih.

    Reply
    • Kalau melihat dari penjelasan tersebut, sepertinya akan cocok kalau dibuat novel non fiksi. Jadi benar-benar kisah nyata, orangnya memang ada (tetapi sebaiknya nama dan data-data personal disamarkan). Karena novel kisah nyata, sebaiknya tidak dibumbui, biarkan apa adanya. bahasa yang digunakan juga sebaiknya tanpa kata-kata puitis yang mendayu-dayu.

      Reply
  44. Permisi min, saya mau buat novel, kira kira genre nya apa ya,sekalian mau minta saran judul? ceritanya tentang: pria yang baru pertama kali kenal cinta, dia pertama kali mendekati perempuan , tp perempuan yg dideketin punya pacar, pacarnya si perempuan itu cuma main main dan ga bener bener sayang, dan si pria ini sayang banget sama si perempuan, pria ini berjuang mati matian buat milikin si perempuan itu, tp kemudian hari si pria itu di kecewakan oleh perempuan nya, si perempuan nya lebih milih pacarnya. Si pria itu sangat patah hati, sedih, pria itu menghilang dari perempuan itu. Dan suatu hari si perempuan ini diselingkuhin sama pacarnya, si perempuan ini patah hati, sampai mau bunuh diri. Dan si pria datang kembali untuk perempuan itu, dia datang untuk menghibur si perempuan dari kesedihan nya. Dan perempuan ini menyadari bahwa ia telah melewatkan berlian demi sebuah biji jagung. Dan akhirnya mereka berdua bersama.

    Maaf min kalo kalo terlalu panjang hehehe.

    Reply
    • Kalau usia tokoh didalam cerita mengambil usia orang dewasa dan ceritanya cenderung dewasa, maka ambil genre novel dewasa dengan tema percintaan. Kalau usia tokoh didalam cerita pada usia remaja dan ceritanya cerita kehidupan remaja, maka ambil genre novel teenlit dengan tema percintaan. Sedangkan judul buatlah judul yang singkat, menarik dan membuat penasaran pembaca.

      Reply
  45. Maaf ni, kak..
    Izin tanya, saya menulis novel ttg kehidupan rumah tangga dan di selingi flashback si wanita sebelum ia bercerai. Apakah saya harus mencantumkan genre ‘chicklit’ disana?
    Terimakasih:)

    Reply
    • Tidak perlu. Langsung saja kirimkan ke penerbit yang biasa menerbitkan novel bergenre semacam itu.

      Reply
  46. Kak mau tanya kalo ceritanya tentang impian/mimpi seorang anak remaja itu cocoknya genre apa?usia tokoh sekitar +12th

    Reply
  47. Halo, kak..
    Mau minta masukannya untuk genre. Ceritanya seputar wanita lajang usia menjelang tiga puluhan dalam menghadapi lika-liku mencari jodoh, dan kepercayaannya akan kuasa tuhan, bahwa tuhan sudah pasti mempersiapkan jodoh yang baik baginya. Mengabaikan cibiran orang-orang dan menikmati kesendiriannya…

    Rencananya, alur ceritanya mau dibikin ringan aja, gak yang terlalu berat. Mau disisipin sedikit komedi dan romatisme juga.

    Terimakasih untuk ilmu dan responnya.. salam.

    Reply
  48. Hi namaku Astrid aku pemula dalam hal menulis dan masih bingung nentuin genre tulisanku.
    Ceritanya itu tiga sahabat wanita yang perawakannya tomboy, dan karena kekacauan yang mereka buat mereka bertiga dimasukkan secara paksa ke sekolah kepribadian. Nah di sekolah ini ternyata menyimpan rahasia yang sangat besar. Dalam cerita ini juga ada romance nya juga tetapi gak begitu kentara. Ini bagusnya genre apa ya?

    Reply
  49. kak saya mau bertanya, saya sedang menulis sebuah novel yang bercerita tentang seorang gadis yang mengikuti organisasi yang tujuannya untuk membantu sesama. saat ia sedang berada di suatu kota untuk menjadi sukarelawan dalam membantu suatu daerah yang terkena bencana ia bertemu dengan sekelompok pemuda yang mencuri. sebenarnya sekelompok pemuda ini tidak mencuri sesuatu yang sembarangan namun mencuri hasil dari korupsi seoran pejabat. terlibatlah gadis ini kedalam rencana sekelompok pemuda itu. nah menurut kakak apa genre dari tulisan saya ini

    Reply
  50. Halo, mau tanya kak. Kalau genre ‘General Fiction’ atau fiksi umum itu yang seperti apa sih maksudnya? Saya kurang faham hehe.

    Reply
    • Pertanyaan yang jarang ditanyakan, tetapi cukup bagus. General fiction umumnya kurang lazim di Indonesia, sebab di sini novel sudah terkotak-kotak pada genre yang spesifik. Sedangkan general fiction adalah novel yang sulit dikategorikan pada satu atau beberapa genre tertentu. Jenis novel seperti ini lebih menonjolkan sisi pembangunan karakter dan pengalaman tokoh dalam cerita. Contohnya novel The Kite Runner.

      Reply
  51. Hai Kak
    Mau Nanya Kalo Novel Yang Isinya Tentang Cinta,Terus Kaya Ada Adegan Penyiksaan ,Ada Adegan Pembunuhan Gitu Kalo Boleh Tau Itu Termasuk Genre Apa….?

    Reply
  52. Hai Kak.
    Mau Nanya Untuk Genre Novel Ku
    Jadi Aku Kasih Tau Sedikit Ceritanya:
    Ada Seorang Anak LakiLaki Pindahan Sekolah ,Ini Anak Pendiam ,Tapi Beberapa Bulan Bukannya Dapat Teman Malah Dapat Bully Dari Teman Baru Ya,Tapi Dari Bully an Itu Dia Malah Menyukai Cewek Satu Kelas ,Nah Tapi Itu Cewek Gak Peka,Jutek,Dan Masa Bodoh Gitu Nah Hal Itu Anak Laki Laki Masih Saja Di Bully,Di Siksa Sampai Ada Kepikiran Pindah Sekolah Lagi,Tapi Ada Salah Satu Teman Cewek Yang Laki Laki Tokoh Utama Sukai Telah Di Culik.
    Time Skipp Aja Yah Panjang Nih>>>>>>>
    Stelah Berhasil Menyelamatkan Cewek Yang Ia Sukai Dan Berhasil Melarikan Diri Malah Tokoh Utama Yang Kena Dan Dari Penculikan itu Ternyata Untuk Jadi Kelinci Percobaan Dan Salah Satu Orang Tersebut Mengatakan Untuk Membuat Manusia Setengah Iblis ,Setelah Time Skip Dari Kejadian Itu ,Nah Dari Situ Si Cewek Mencari Laki Laki Itu Selama 7Tahun.
    Yang Penting Masih Panjang

    Reply
    • Sekilas kalau dilihat seperti ada unsur fantasinya, jadi akan sangat ccok kalau genrenya fantasi.

      Reply
  53. Sore kak, mau tanya. Saya mau belajar nulis novel tapi bingung dengan genrenya. Saya mau nulis tokohnya rentang usia 25-30an. Cerita tentang seorang wanita usia antara itu sedang berjuang mengungkapkan misteri kematian ayahnya dan mencegah terjadinya rencana pengeboman di kota kelahirannya itu. Dan mau gag mau wanita itu juga ketemu pria masa lalu yang dulu menjadi cinta pertamanya. Di cerita ini bakalan ada adegan aksi, terus unsur genre misteri dan suspend thriller dimana tokoh utamanya kehilangan satu persatu orang terdekatnya karena kematian. Di sini juga ada unsur psikologisnya juga kak. Dimana salah satu tokohnya menderita mental illness. Tapi jelas ada romansa dan kisah cintanya. Kira2 cerita model kek begini itu genrenya apa ya kak? Apa romance adult-suspend thriller-misteri-action. Terus masuk city lite nggak? Terus city lite itu yang gimana ya kak? Lagi butuh banget pencerahan.

    Reply
    • Kalau melihat dari ceritanya cenderung lebih kuat di misteri. Kalau seandainya diterbitkan akan jauh lebih baik jika dimasukkan genre misteri.

      Reply
  54. kalo semisal melibatkan seluruh genre bisa gak? tapi yang ingin saya utamakan thiller sama ttg friendship. tokohnya juga masih SMA

    Reply
      • Kak, aku skrng lagi belajar nulis cerita nih. Mau nanya k, kalo misal ada cerita anak ‘Broken Home’ gitu, trs dia depresi, trs jd psikopat gitu, itu masuknya genre apa y k?

        Makasih k ^^

        Reply
        • Kalau seperti ini, bisa masuk ke genre horor. Novel genre horor makin lama makin banyak juga peminatnya.

          Reply
  55. Hy. Aku mau nampilkan cerita tentang kehidupan seorang gadis yang masih bersekolah berumur 18 tahun yang sudah bisa mengelola perusahaan. Dikarenakan ortunya meninggal. Trus dia dapat sekretaris tampan yang 3 tahun lebih tua dri gadis itu. Selama dia menjalankan perusahaan dengan keadaan masih bersekolah, cinta sama sekretarisnya itu. Dan lagi mereka sama-sama memecahkan masalah tentang tragedi penyebab ortu gadis itu kecelakaan. Kira-kira genrenya apa ya yang paling pas?

    Reply
    • Genre misteri. Misteri pembunuhan ortu si gadis jadi sentral cerita. Sedangkan kisah jatuh cinta dan kehidupan sekolah jadi bumbu saja.

      Reply
  56. Hai saya Devi
    Saya mempunyai sahabat online bisa dibilang keluarga saya ingin menulis novel buat mereka dari pertama saya kenal kepada mereka sampai nanti saya bertemu di kemudian hari kelak genre apa yang cocok untuk novel tersebut

    Reply
    • Genre sangat bergantung pada isi cerita. Cerita seperti apa yang akan ditonjolkan dari konsep novel yang ingin kamu buat?

      Reply
  57. Hai
    Aku Nur
    Aku mau tanya kak, kalo ceritanya itu mengisahkan tentang remaja perempuan yang memiliki permasahan di keluarganya itu masuknya chicklit,bukan?
    Terima kasih:)

    Reply
  58. hai kak, mau tanya
    saya mencoba membuat novel ber-genre fantasi, dengan adegan penuh perkelahian, apa bisa saya menamakan genre tersebut menjadi “action fantasy” ?
    terimakasih

    Reply
    • Sebenarnya bisa. Tetapi kebanyakan untuk label novel yang ditulis di sampul hanya di berikan satu opsi saja. Label itu yang nantinya akan dipakai acuan untuk meletakkan buku pada rak buku sesuai label.

      Reply
  59. Hi saya Nia,
    mau tanya kak kalo saya mau menulis novel tentang pengalaman2 pribadi+di setiap akhir bab saya beri kata2 motivasi/bijak yang bisa menginspirasi pembaca. itu masuk genre apa ya? Terima kasih.

    Reply
    • Cerita didalamnya berkisah tentang apa? Apa seperti novel 5cm, Perahu Kertas, Negeri 5 Menara atau seperti apa?

      Reply
  60. Hai kak, aku Aisy.
    kak sku mau tanya, untuk cerita yang mana main-chara menemukan kehidupan, perilaku serta sifat manusia yang beragam. Atau cerita tentang main-chara yang penuh masalah dan hidup di sekeliling kejahatan. kedua itu masuknya di genre apa ya?

    Reply
    • Genre tidak bisa dikategorikan berdasarkan penjelasan singkat. Harus ada sekurang-kurangnya sinopsis cerita dan penokohannya. Jika sudah ada baru bisa disimpulkan seperti apa genre yang coock untuk cerita tersebut.

      Reply
  61. jadi ceritanya itu tentang seorang anak yang dijual oleh ayahnya kepada orang lain.Terus dia mengalami berbagai macam peristiwa pasang surut, yang mulanya hidup bahagia kemudian terlantar. ia hidup disekeliling kehidupan manusia yang sifatnya beragam, ada yang jahat, ada yang baik, ada yang sifatnya sangat tidak terduga. namun dari sana si tokoh utama mendapatkan lebih banyak kenalan dan merasakan kehidupan yang amat bebas.

    Reply
    • Genre dewasa lebih masuk. Titik fokus ceritanya akan bagus jika diarahkan ke kritik sosial.

      Reply
  62. Selamat sore,
    Mau tanya, aku sedang mulai membuat novel yang bercerita tentang hijrahnya 3orang wanita karir, temanya religi. genrenya termasuk metropopkah?

    Reply
    • Hallo kak,saya mau nanya. Saya kan sedang dalam proses menulis novel yang menceritakan
      Di awal cerita, kan menceritakan gadis kecil yang bekerja keras bersama ibunya, terus selanjutnya dia juga punya cobaan2 hidup dari orang2 sekitar dan juga menyelesaikan masalah keuangan, sekolah. Teruss sampai cerita selanjutnya ia menempuh sekolah smp dan dgn tantangan2 yg dihadapinya teruss menginjak SMA ada juga konfik2nya sampai membahayakan nyawanya. Dia itu sejak sd sampai kini punya teman cowok dan sekarang ini menjadi pacarnya. Ia selalu menolong cewek ini. Ia suka karena pekerja keras dsb. Ini masuk ke genre apa ya kak? Mohon bantuannya,terimakasih

      Reply
      • Konflik puncaknya apa? Sekilas seperti tidak ada konflik puncaknya, hanya sebatas rentetan cerita.

        Reply
        • Kalau di penerbitan luar negeri umumnya masuk ke genre “slice of life”, tetapi kalau di Indonesia tidak ada genre seperti itu, jadi biasanya dimasukkan ke tokohnya dan target pembaca. Artinya bisa saja masuk ke teenlit, chicklit, dewasa, dll. Cerita tentang kehidupan nyata yang laku di pasaran Indonesia biasanya bertema motivasi, kesuksesan dan hal-hal yang berkaitan dengan cita-cita, seperti 5cm, Negeri 5 Menara, dll.

          Reply
  63. Kak mau nanya
    Saya lagi suka sukanya nulis.
    Ceritanya berkisah tentang gadis kuliahan yang lagi magang,sebut saja si A.
    suatu ketika si A dipertemukan lagi dengan si B dengan kondisi mengerikan.
    dan si B ini mengunakan si A untuk balas dendam dengan si C yang dulu membunuh si A dan keluarganya si A.dia juga tidak tahu kalau si A itu satu orang yang ia kira sudah mati.
    si B ini juga menjadikan si C itu untuk menghancurkan keluarga kandungnya sendiri.
    Cerita ini juga di kemas dengan teknologi cangih dan kemewahan.
    Ini masuk ke genre apa ya kak?

    Reply
  64. Halo,
    Saya ingin mencoba menulis di suatu aplikasi bercerita tentang kepribadian seorang wanita, kisah percintaannya, karirnya dan kisah persahabatannya mungkin. Latar cerita awalnya saya ingin pas masih sekolah, kuliah lalu kerja gitu. Ini masuk ke genre apa ya?

    Reply
  65. Assalamualaikum..
    Kak, aku mau tanya. Aku kan baru pertama kali buat cerita, nah aku bikin cerita itu di ambil dari kisah nyata. Tapi aku agak sedikit ubah ceritanya. Jadi gak semua kisah nyata tapi ada fiksinya juga. Nah itu genrenya fiksi/non-fiksi??

    Terima kasih 🙏

    Reply
    • Hallo kak, mau tanya. Aku buat novel tentang anak remaja (usia 17th) yang difitnah pacaran. Nah, lingkungan sekolah dia ini semacam pesantren gitu, cewek dan cowok kelasnya di pisah. Ada cinta segitiga, persahabatan, juga sedikit menyinggung masalah keluarga tokoh utama. Kira-kira masuknya genre teenlit atau religi?

      Terima kasih

      Reply
  66. Assalamualaikum kak maaf mengganggu saya mau bertanya
    kak kalau cerita tentang pesantren gendre yang tepat selain spiritual apa ya?
    Mohon di bantu kak

    Makasih☺

    Reply
  67. Halo Kak, nama saya Millan. Mau nanya. Kalau ceritanya tentang kehidupan seorang laki2 yang keras kepala dan tiba2 mendapatkan banyak masalah. Kemudian dia bertemu dengan seorang perempuan yang dapat menjadi kunci dari semua permasalahannya. Dan akhirnya si laki2 tadi berubah dan sempat mencintai perempuan itu tapi tidak berhasil. Itu termasuk genre apa ya kak? Mohon sarannya kak!

    Reply
  68. Hai kak izin bertanya ya, kalau didalam ceritanya berisi tentang konflik perceraian orang tua dan kemudian sang anak ini berusaha mencari jalan keluar agar bangkit dari brokenhome nya, ceritanya termasuk genre apa ya kak?

    Reply
  69. Kak mau tanya kalau novel ceritanya tentang pengalaman pribadi/isi hati itu masuk ke genre apa ya? Mkasih..

    Reply
  70. Hai kak, nama saya Nasywa. Saya lagi mau belajar nulis² cerita gitu, saya mau nanya. Kalo ada satu orang laki² yg ikut geng motor yg ada di sekolahnya dan geng motor itu terkenal dengan anak²nya yg nakal². Nah satu laki² itu ikut geng motor itu karna mau cari hiburan gitu karna hidupnya yg terlalu menyakitkan bagi dia, karna kehancuran keluarganya yg membuat dia depresi gitu. Karna kehadiran 1 cewe di hari²nya mampu membuat hidupnya lebih tenang dan memperbaiki semua hal² buru yg ada di dirinya. Itubtermasuk gendre apa ya ka? Mohon sarannya.

    Reply
    • Tokohnya anak sekolahan, orang dewasa, atau bagaimana? Kalau tokohnya anak sekolahan masuknya teenlit. kalau usia dewasa maka bisa dimasukkan genre dewasa.

      Reply
      • Hai kak, aku sedang mencoba menulis novel. Nah ceritanya ada satu cewek yang keluarganya mati dibunuh. Hanya dia yang selamat. Ini kejadiannya pas ceweknya masih sma. Nah sekitar 7 thn kemudian kemudian dia kembali buat balas dendam. Ternyata ayahnya (jaksa) dibunuh karena hampir membongkar sebuah kasus korupsi besar. Dan satu persatu cewek itu membongkar orang orang yang terlibat dibaliknya bersama temannya. Dan kadang alur kembali ke masa sma karena pembunuh itu sebenarnya adalah orang yang dikenalnya. Yang seperti ini masuk ke genre apa ya ka ?
        Terima kasih.

        Reply
  71. Hai, saya putri
    Jadi saya lagi dalam proses menulis
    Saya mau buat cerita isinya itu tentang seorang wanita yang ingin balas dendam akibat tragedi pembunuhan keluarganya dan ternyata si pelakunya adalah pria muda konglomerat tetapi jahat, trus ternyata si cowok suka sama cewek itu jadi bakal ada romantisnya tapu saya juga mau buat ada kasus pembunuhan dan kriminalnya, kira2 genre nya itu apa kak?

    Reply
  72. Halo ka aku renia..
    Seneng baca udah lama. Tapi baru belajar nulis sekarang.
    Aku lagi bikin cerita remaja adik kaka tiri yang saling jatuh cinta akhirnya. Tapi mereka khawatir dengan orang tua. Disini juga aku masukin tentang perselisihan orang orang dewasa. Masuk genrr apa yaa

    Reply
  73. Halo kak, saya mau tanya nih. Novel yang lagi saya kerjakan ini tentang persahabatan remaja kak, tadinya mau berfokus ke satu tokoh aja dan yang lain seperlunya saja diceritakan. Namun, saya berubah pikiran, saya ingin pembaca tau gimana sebenarnya, cerita ke-3 remaja itu secara lengkap. Dilema saya itu adalah :
    1. Berarti ke-3 remaja ini jadi tokoh utama dong, Memangnya boleh? Kalau Tokoh utama ada banyak. Kan namanya juga “main character” Fokusnya ke satu orang aja.
    2. Apakah lebih baik, kalau saya bikin sekuel aja ya kak jadi ntar ada 3 buku.
    Bingung saya :’v
    Mohon tanggapannya ya kak! 😁

    Reply
    • 1. Tokoh sentral novel dengan tipe cerita persahabatan bisa saja dibuat lebih dari satu orang. Tetapi tokoh utama sebagai fokus cerita tetap ada pada satu orang. Misalkan pada novel 5 cm, ceritanya tentang persahabatan, tokoh dalam pusat ceritanya ada 5. Tapi tokoh utama yang ditonjolkan adalah zafran. Tetap satu.

      2. Tidak perlu dibuat sekuel jika alur dan benang merah jalan ceritanya sama. Kecuali kalau berbeda bisa dibuat sekuel. Contoh Harry Potter, antara satu naskah dengan naskah lainnya berbeda benang merah ceritanya.

      Reply
  74. Assalamualaikum kak..
    Aku mau bikin cerita tapi suka masih bingung sama genrenya. Jadi ceritanya itu tentang persahabatan tapi terkesan religi. Nah itu nanti masuknya genre remaja atau religi kak?

    Reply
  75. Assalamualaikum Min, mau tanya. Saya sebenernya bingung ini termasuk ke genre apa, tapi karna ngusut anak remaja gitu jadi saya ambil teenlit hanya saja setelah membaca ini saya sadar meski ceritanya remaja tapi masalah yang diambil itu semacam pengusutan kasus dari sekolah, semacam detektif. Tapi ada percintaan nya juga, karna pemeran utamanya punya lebih dari satu. Mau ambil series, biar ada yang ditonjolkan. Menurut Mimin gimana min, baiknya itu seperti apa? Cerita yang diambil juga hampir bisa dibilang ambil dari kisah nyata, dibeberapa scane gitu.

    Terimakasih, mohon bantuannya ya Min. Wasallamualamualaikum

    Reply
    • Kalau yang mau ditampilkan sebagai benang merah dan inti cerita tentang detektif maka akan sangat tepat jika masuk genre misteri.

      Reply
  76. Assalamualaikum, sy mau menulis buku novel islami dwilogi. Tapi apa sinopsisnya boleh sama atau harus berbeda dengan buku yang pertama?

    Reply
    • Sinopsis adalah rangkuman atau inti cerita. Walaupun masih sama atau lanjutan dari series sebelumnya, pasti ada pokok cerita berbeda yang ditonjolkan pada series pertama dan kedua. Jadi sebaiknya sinopsis juga berbeda.

      Reply
  77. Ka saya ingin bertanya, saya akan menulis novel dengan cerita seorang laki” yang sudah berumur 28 tahun dan dia dipaksa menikah oleh kedua orangtuanya, karena dia lelah mendengar pertanyaan pertanyaan kedua orangtuanya dia bersumpah akan menikahi wanita yang dia lihat di pagi hari nah akhirnya mereka menikah kira” genrenya apa ya ka? Saya sedikit bingung kalo menentukam genre

    Terimakasih

    Reply
    • Genre novel dewasa. Tema percintaan.
      Klaau dilihat dari konsep ceritanya terlalu luas, ada baiknya dibuat sedikit spesifik dan lebih menarik konfliknya.

      Reply
        • Bisa saja. Tidak ada masalah. Banyak juga yang mengangkat cerita fiksi dengan tokoh utama laki-laki. Kecuali genre BL, kalau itu jelas akan ditolak oleh penerbit.

          Reply
    • Fiksi pria yang seperti apa? Kalau yang dimaksud fiksi pria adalah novel fiksi yang tkoh utamanya laki-laki dan cerita dari sudut pandang laki-laki tidak masalah. Tetapi kalau yang dimaksud adalah genre BL, tentu tidak akan bisa diterima oleh penerbit dan tidak akan diterbitkan di Indonesia.

      Reply
  78. hai ka mau tanya, kalau didalam novel tidak ada antagonis apa bisa? masalahnya hanya pada konflik percintaannya saja tidak ada orang ketiga atau penggangu gitu

    Reply
    • Kalau tidak ada antagonis masih bisa, tapi kalau tapi kalau tidak ada pengganggu biasanya kurang seru. Konfliknya tidak menyedot perhatian pembaca, justru itu yang dinantikan pembaca. Tapi sekali lagi, yang namanya novel tanpa antagonis tetap bisa ditulis. Jadi si tokoh bisa berkonflik dengan dirinya sendiri, dengan lingkungan sosial, pekerjaan yang tidak cocok dengan passion, atu lainnya.

      Reply
  79. Saya bisa melakukan riset tentang negara yang akan diceritakan. Namun, permasalahannya adalah latarnya pada abad ke-19, tetapi permasalahan kompleksnya ada di masa sekarang. Apakah ini boleh-boleh saja atau saling bertabrakan?

    Reply
    • Boleh saja. Kamu bisa menambahkan unsur fantasi disana. Misalkan time traveler atau sihir atau apa saja.

      Reply
  80. Apakah ceritanya menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa formal? Saya mengalami kesulitan dalam menulis ceritanya secara lengkap walaupun kerangka ceritanya dan singkat ceritanya sebagai pengantar sudah dibuat.

    Reply
    • Bahasa formal bisa, bahasa gaul bisa, bahasa bahasa Indonesia dicampur beberapa bahasa asing atau bahasa daerah juga bisa.

      Reply
  81. Yang menjadi permasalahan saya adalah saya agak sulit menggambar orang yang sesuai dengan ceritanya. Apakah Anda punya saran saya untuk bercerita?

    Reply
    • Buat dulu tokoh (identitas dan penampakan fisiknya) dan penokohannya (karakter tokoh, seperti sifat, hobi, fobia, dll). Setelah itu baru dibuat ceritanya.

      Reply
      • 1. Terus, deskripsi tokohnya harus dibuat hanya tokoh utama, tokoh pendukung, tokoh penjahat, atau tokoh figuran? Soalnya, ada tokoh figur yang hanya dialog dengan tokoh utama pada satu kejadian dalam ceritanya.
        2. Deskripsi tokohnya harus dimuat dalam sinopsis atau tidak?

        Reply
        • Fokuskan untuk tokoh protagonis, antagonis, dan pendukung yang berperan penting dalam cerita. Jadi untuk tokoh pendukung yang tidak berpengaruh dalam cerita tidak perlu.

          Reply
  82. Hai kak, izin bertanya, mungkin ga akan nyambung ke topik, tapi saya benar-benar penasaran, dan ga kuat ingin bertanya, karena saya rasa dari hati, kakak admin adalah orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan saya ini, Dan Pertanyaannya “Apakah jika kita membuat sebuah Cerita/Novel/Komik/WebKomic/dsb, disitu kita menyebutkan, menggambarkan, ilustrasikan, dll Jenis Senjata, bahkan sampai jarak tempuhnya (spesifikasinya), apakah itu termasuk pelanggaran hak cipta dari sang pembuat senjata ?” Sekian Mohon Maaf dan Terimakasih 😀

    Reply
    • Tidak masalah, boleh saja. Jika kamu menyebutkan produk dan spesifikasinya, itu tidak melanggar hak cipta atau hak merek dagang dan produk.

      Reply
  83. Halo kakak, saya mau bertanya apakah dalam satu novel bisa untuk dua genre+ sekaligus atau hanya diperbolehkan satu genre saja?

    Reply
    • Sebenarnya bisa, tetapi secara umum dipilih satu. Kenapa? Agar nanti mudah mengkategorikannya dan meletakkannya di rak buku dengan label yang tepat.

      Reply
  84. kak aku mau nanya aku lagi bikin cerita nih genrenya fiksi ada romantisnya juga tapi gak fokus banget kesitu terus agak berpengaruh juga ke dalam cerita jadi aku tulis genrenya romantis juga kak?

    Reply
    • Genre bisa dilihat dari isi cerita dan usia tokoh dalam cerita. Jika ceritanya romansa dengan tokoh remaja maka masuk teenlit. Jika wanita muda maka masuk genre chicklit. Jika tokohnya wanita karir kosmopolitan masuk ke metropop, dan lain sebagainya.

      Reply
    • Tema apocalyptic itu masuk sub-genre. Jadi ada genre utamanya, biasanya genre horror, fantasi atau fiksi-sains. Contoh, akan ada kiamat seminggu lagi, lalu tokoh utama menghindarinya dengan berpindah dunia ke dunia paralel yang tidak terkena kiamat, maka itu genre fiksi-sains. Sedangkan jika isi cerita tentang tokoh utama berjuang hidup disaat apocalypse yang mencekam masuk ke horror. Lalu jika sekarang ini dunia si tokoh utama diramalkan akan kiamat jika matahari lenyap oleh gerhana matahari iblis setiap 1000 tahun, ia berusaha mengalahkan iblis supaya tidak kiamat maka itu masuk genre fantasi.

      Reply
  85. Saya punya cerita tentang seorang putri raja yang mengalami phobia jatuh cinta setelah beberapa kejadian yang menimpanya. Ia mulai berusia 14 tahun dan mulai kejadiannya seperti ini. Saya menemukan latar tempatnya.
    1. Kira-kira, termasuk ke dalam genre seperti apa di atas?
    2. Bagaimana caranya agar ceritanya di atas bisa menarik pembaca? Apakah saya harus menambahkan alur yang tidak diketahui pembacanya, menulis majas atau kiasan tertentu? Apakah Anda punya saran lain untuk ceritanya di atas?

    Reply
    • 1. Masuk genre teenlit.
      2. Cara agar menarik? Coba posisikan diri kamu sebagai pembaca. Kira-kira apa yang menurutmu menarik dan apa yang akan membuatmu tertarik saat membaca novel. Atau cara yang paling mudah adalah buat cerita yang kamu ingin baca, buat apa yang ingin kamu buat. Masalah pembaca tertarik atau tidak jangan dipikirkan. Setiap karya pasti ada pembacanya.

      Reply
      • Kalau latar tempatnya adalah suatu kerajaan dan permasalahannya sama dengan yang di atas, kira-kira genre seperti apa yang bagus?

        Reply
          • Kalau saya mulai dari tokoh utama berusia 10 tahun dalam ceritanya, apakah genre teenlit sama atau berbeda?

          • Tokoh dengan usia dibawah 12 tahun cocoknya untuk novel bergenre komedi. Kalau untuk yang isi ceritanya petualangan atau hal-hal yang serius biasanya tokohnya 12 tahun ke atas. Masuknya genre teenlit.

  86. Kak saya Rus, mau tanya, kalau cerita yang saya buat adalah fiksi seorang remaja yang berusia 18 tahun yang baru lulus dari sekolah dengan ketiga temannya yang sama-sama berjuang untuk menggapai cita-citanya yang sama-sama mempunyai masalah(keluarga & sekitar) hidup. Mereka sama-sama berjuang untuk meraih kesuksesan mereka. Dalam keempat tokoh ini, dua diantara empat tokoh utama merupakan seorang fangirl. Nah jadi, dalam lika-liku perjalanan dua orang ini mereka tidak lepas dari idolanya meski tidak sesering ditampilkan, maksudnya tidak sefanatik fans pada umumnya, mereka hanya mengambil sisi baik dari idolanya ini, istilahnya dijadikan motivator pada saat mereka mengalami masa sulit. Meskipun begitu tetap saja dua tokoh ini tidak lepas dari ke fangirlannya. Dan aku buat mereka memiliki karakteristik yang berbeda-beda namun tetap memiliki hal dan tujuan yang sama dalam memilih kebahagiaan. Keempatnya juga tidak terlepas dari sisi religi. Hingga mereka yang berjuang pada usia 18 tahun akhirnya bisa sukses dan berhasil menggapai mimpinya saat berusia 25 tahun sebagai seorang pengusaha tentu dengan jalan tersendiri yang ditempuh masing-masing tokoh. Aku bubuhkan juga sedikit bumbu percintaan mereka diawal, tengah, dan akhir. Nah, kira-kira genre yang cocok apa ya kak? Apa teenlit, chicklit, dewasa, metroopop, fanfiction, atau apa kak? Mohon jawabannya🙏

    Reply
  87. Hai kak~
    Mau tanya dong, kalo aku aku bikin cerita fiksi tentang seorang gadis yang memiliki cita cita tinggi, namun mempunyai masa lalu yang suram (pelecehan, kekerasan, dll) dengan laki laki sehingga ia lebih tertarik pada gender yang sama walau orang sekitar tidak menyetujuinya, dan ia jatuh cinta pada sahabatnya sendiri, tapi malah ia mengakhiri hidupnya karena tertekan dan ingin menyampai cita citanya (di alam lain)… itu genrenya kira kira apa ya:( sahabatnya ada sangkut pautnya dengan masa lalu si gadis ini, ia juga main character kak

    Reply
    • Kalau alam lain yang dimaksud itu seperti alam gaib dan kisah supranatural, maka akan sangat cocok jika dimasukkan genre horor.

      Reply
  88. Kak aku mau nanya dong. Kan aku mau nulis cerita tentang gadis kecil berusia 10 tahun yang kehidupannya berubah derastis setelah ibunya mengalami kecelakaan. Itu termasuk ke genre apa yah kak?

    Reply
  89. hai kak, mo nanya dong
    kl ceritanya dia mau meraih cita cita nya yang dia impikan sejak dulu dan dia mau tunjukan ke keluarganya klo dia itu bisa, itu bergenre apa ya mengandung unsur persahabatan dan keluarga gitu dan cara buat buat ceritanhya gk monoton gimana ya kak mohon bantuanya

    Reply
  90. Hay, Kak
    Sya mau nnya nih, sya kan pnya novel yang di dlmnya itu menceritakan seorang pemuda yg diusir dari rmhnya krna berperilaku buruk pada orangtuanya dan setelah ia pergi, ia menemukan seorang lelaki yg sepantarannya dan dia mau mengajak si pemuda itu untuk menetap di rmhnya sampai dia pnya tmpt tinggal baru, dan ketika udh memiliki tmpt tinggal juga sudah menikah ia hidup dengan istrinya dalam satu atap. Hingga pada akhirnya mereka dewasa dan si pemuda itu meminta maaf pada orangtuanya atas kesalahan yg ia perbuat, di kemudian hari mereka hidup dengan penuh keceriaan krna bisa berkumpul seperti dlu lgi. Itu msk genre apa, Kak?

    Reply
    • Bisa ke genre slice of life atau genre dewasa. Sedikit saran, untuk tipe cerita seperti ini titik kuatnya ada di karakter masing-masing tokoh. Jika karakternya tidak kuat, maka ceritanya akan sangat membosankan.

      Reply
  91. Kak mau nanya kalau bikin novel,apa sih yg paling penting yg di perhatikan (unsur yg harus ada di dalam cerita itu) maaf saya pemula,saya selalu mengarang ngarang suatu cerita dalam otak saya,dan saya ga tau gimana cara mengekpresikan nya lalu kepikiran buat novel deh 🙂

    Reply
  92. Hai kak
    Mau tanya,kalo ceritanya
    Seorang laki laki yang di kutuk jadi hewan karna kelakuan nya yang keji dan apabila dia mau kembali jadi manusia dia harus berbuat baik pada semua mahluk di muka bumi itu termasuk genre apa ya??
    Mohon bantuan nya^-^

    Reply
  93. hi kak,
    saya aziz, saya mau nanya.
    bila ceritanya menyangkut tentang kehidaupan nyata dan di barengi dengan fiksi atau kisah nyata yang dilebih-lebihkan, itu termasuk gendre apa ya kak?.

    Reply
    • Tetap masuk fiksi. Tapi biasanya ada keterangannya “berdasarkan kisah nyata”. Artinya ceritanya memang ada dan nyata, tetapi penggambarannya dibuat sedikit berbeda dengan kisah nyatanya.

      Reply
  94. artikel yang sangat menarik .

    saya ingin belajar menulis novel. mohon saran untuk penulis awal dong min

    Reply
    • Kalau untuk penulis pemula sebaiknya pahami struktur-struktur novel terlebih dahulu. Setelah itu perbanyaklah membaca novel sebagai bahan referensi. Perbanyak menulis cerita untuk menambah jam terbang. Luangkan waktu untuk terus berlatih menulis dan mempublikasikan karya tulisanmu di medsosmu. Manfaatkan teknologi dan sosial media untuk membantumu berkembang setiap hari.

      Reply
  95. hai aku nanda, aku ingin bertanya tentang genre apa yang termasuk dalam cerita ku ini , aku akan sedikit memprediksi nya oke.
    jadi ceritaku ini ngeceritain dua keluarga yang orang tuanya ga pernah damai, nah dari kedua keluarga ini mereka punya anak 3 , nah dua keluarga ini punya potensi yang berbeda gitu ka , nah terus aku mau masukin sifat atau crita ini kek sebuah mafia gitu jd kek mafia vs mafia gitu. So genre yang cocok apa ya ka?? tapi endingnya 2 ank dr masing² keluarga itu saling suka dan berniat untuk ngebuat kedua ortu masing²itu damai , tolong jawab ya ka , terimakasih

    Reply
    • Masuknya genre dewasa. Kehidupan sosial mafia kamu pakai sebagai latar belakang. Lalu bisa kamu bubuhkan cerita percintaan dan sedikit komedi untuk mengisi certanya.

      Reply
  96. hai aku syafia….
    aku mau bertanya….. genre apa yang pantas untuk novelku ini…

    jadi, novel ini bercerita tentang seorang gadis yang pada awal ceritanya itu berusia 12 tahunan. tapi konflik dalam ceritanya itu terjadi pada saat dia berusia 13 tahun.

    bercerita bahwa gadis itu awalnya seperti gadis pada umumnya. tapi kehidupannya berubah ketika dia memiliki kemampuan baru yang bisa melihat yang tidak bisa dilihat orang(seperti hantu, monster, dan tempat – tempat rahasia). selain itu, dia juga memiliki kekuatan(semacam kekuatan berturun). dia juga memiliki 3 orang teman/sahabat yang juga memiliki kemampuan yang sama sepertinya. dua diantara sahabatnya itu, sengaja dipertemukan oleh keluarganya melalui sarana pindah sekolah. tidak jarang mereka berempat bertengkar. mereka berempat baru mengetahui bahwa kakak dan orang tua mereka juga memiliki kekuatan yang sama seperti mereka. dan pada usia 13 tahun mereka baru mengetahui bahwa tujuan hidup mereka sebenarnya adalah melawan musuh yang hanya bisa dikalahkan oleh mereka. sebelum sampai pada puncak masalah juga ada masalah lainnya. seperti mereka akan memiliki sekutu yang ditaklukkan dari mengalahkan mereka. dan ada sedikit kilas balik cerita masa lalu. alur ceritanya maju mundur.

    so….. tolong sarannya genre apa yang pas untuk novel ini?

    terimakasih……

    Reply
    • Masuk genre fantasi. Temanya petualangan. Genre seperti ini sangat diminati di barat. Salah satu yang cukup sukses dan bisa kamu jadikan referensi adalah novel Percy Jackson.

      Reply
  97. Halo kak mau tanya dan minta saran nih, rencananya aku mau bikin novel fiksi yang mana cerita didalamnya ada unsur sejarah kerajaan kuno di indonesia tapi aku bikin konfliknya fiktif, yang sesuai cuma nama, bangunan candi, dan setting waktu/tempatnya.apa itu di perbolehkan? Kalau ternyata malah menyalahi sejarah, apa sebaiknya dibuat fiktif semua? Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Sebaiknya dibuat fiktif saja, sejarahnya dipakai sebagai dasar cerita atau inspirasi saja. Salah satu contoh yang cukup terkenal dan sukses adalah Dragonball Z yang memakai sejarah Journey to the West (Perjalanan ke barat mencari kitab suci/Sun Go Kong) sebagai inspirasi dan dasar cerita.

      Reply
      • Maaf kak pertanyaan kali ini agak keluar jalur. Saya mau tanya jika menulis novel roman yang mengangkat kisah dua etnis yang berbeda itu kira-kira menimbulkan kontra apa saja ya? Bagaimanakah cara menyiasatinya? Apakah ada hal yang bisa dituntut oleh pembaca jika ada hal yang tidak bisa mereka terima?

        Reply
        • Tidak masalah. Sepanjang tidak menyinggung atau memaksakan isi cerita yang sangat jauh berbeda dengan realita di dunia nyata. Misalkan etnis A diidentikkan dengan tabiat X yang mungkin ada sebagian oknum, tetapi secara mayoritas tidak, maka sangat rawan untuk menuai masalah dan kontroversi. Jika diniai sangat sensitif, bisa saja ada pihak yang mengatas namakan forum atau kumpulan etnis meayangkan tuntutan pada penulis.

          Jika ingin aman, maka kita bisa mengambil jalan sebaliknya, yakni meuruskan stereotip yang salah di mata masyarakat dengan realita di kehidupan nyata. Misalkan etnis B diidentikkan dengan tabiat Y dan dicap sebagai Z. Padahal itu hanya pemikiran orang saja, aslinya tidak begitu, banyak yang tidak seperti itu. Kebnayakan formula seperti ini justru mendapatkan atensi yang baik, jadi kamu bisa meniru formula seperti ini.

          Reply
  98. Halo, Kak. Saya ingin bertanya, untuk cerita yang berlatar di kerajaan kemudian banyak intrik di dalamnya seperti pengkhianatan antaranggota kerajaan yang berujung pemberontakan rakyatnya itu termasuk genre apa ya? Terima kasih

    Reply
    • Tergantung arahnya kemana. Kalau berlatar sejarah masuknya novel sejarah. Kalau intrik perebutan kekuasaannya menggunakan taktik tertentu dan psikologis masuk ke misteri. Dan lain sebagainya.

      Reply
  99. Halo kak selamat pagi, aku Nissa. Aku penulis pemula. Kak aku mau nanya seputar genre cerita yang nanti mau aku buat.

    Jadi ceritanya seperti ini kak,

    Ada seorang gadis tomboy yang memiliki kekuatan mata bagi siapa saja yang menatap matanya akan lupa dengan kejadian yang baru saja terjadi.

    Nah ceritanya gadis tomboy itu mempunyai seorang kekasih, dan kekasihnya sangat mencintai si gadis tomboy itu. Sang kekasih ingin melakukan hubungan lebih dalam lagi kepada si gadis tomboy, dan si gadis tomboy ini pun mau menerima ajakan kekaksihnya. Di saat melakukan hubungan itu, si gadis tomboy itu melihat kedua mata kekasihnya yang sangat mencintainya, dan si gadis tomboy pun langsung membuat sang kekasih lupa dengan kejadian ini dan setelah melakukan hubungan itu, si gadis tomboy pergi dan meninggalkan sang kekasih di sana.

    Cerita di atas itu masuk dalam genre apa ya kak ? Makasih ya kak sebelumnya…

    Reply
    • Penokohannya cukup bagus dan unik, hanya saja arah ceritanya kurang jelas. Mungkin bisa diperjelas lagi arah ceritanya baru bisa ditentukan genrenya apa.

      Reply
    • Hallo kak selamat sore. Saya wina sedang menulis cerita tapi bingung menentukan genre, tentang seorang gadis yang masuk ke dalam dunia novel berlatar belakang zaman kerajaan. Nah kalo time travel itu kan kembali kemasa lalu, kalo ini apa ya kak?

      Reply
      • Masuknya ke genre fantasi.
        Time travel juga sebenarnya masuk ke genre fantasi. Ada juga cerita time travel yang memasukkan unsur science, itu masuknya sci-fi (science fiction).

        Reply

Leave a Comment

error: