Berbagai Macam Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya


Genre Novel, genre merupakan kata serapan yang merujuk pada ragam kaidah yang dipakai dalam karya seni dan budaya. Ragam kaidah tersebut mempunyai patokan dan ciri khas yang membedakan satu dengan yang lain.

Seperti halnya novel juga mempunyai macam genre tersendiri. Selain untuk pembeda, genre juga bisa menentukan pasar pembaca. Sehingga penting untuk memahami berbagai macam genre novel sebelum menulis novel.

1. Macam Genre Novel Berdasarkan Kenyataan Ceritanya

  • Novel Fiksi

    Novel yang ditulis berdasarkan kejadian yang tidak pernah ada. Cerita di dalamnya dibuat berdasarkan khayalan dan imajinasi penulis. Contohnya adalah The Hobbit

  • Novel Non Fiksi

    Novel yang ditulis berdasarkan kejadian nyata yang memang pernah ada atau terjadi. Ceritanya tentu saja dibuat berdasarkan fakta. Bisa dari pengalaman penulis atau orang lain. Contohnya adalah Laskar Pelangi

2. Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis Ceritanya

  • Novel Romantis

    Novel yang menceritakan tentang kisah cinta dan kasih sayang. Novel bergenre seperti ini banyak menggunakan diksi yang puitis dan indah. Adegan dan dialognya banyak didominasi oleh romantisme. Contohnya adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijk

  • Novel Horor

    Novel bergenre seperti ini mengangkat kisah yang mengandung “Teror”. Biasanya novel seperti ini banyak menghadirkan adegan yang penuh rasa “merinding” dan kalimat-kalimat kejutan. Tujuannya agar pembaca merasakan takut. Contohnya adalah Bangku Kosong

  • Novel Misteri

    Genre yang satu ini sering disalah artikan dan disamakan dengan horor. Padahal keduanya sangat berbeda dalam penyajiannya. Genre ini menyajikan cerita tentang kasus dan kejanggalan yang terselubung serta penyelesaiannya. Biasanya novel bergenre seperti ini menggunakan adegan yang penuh trik dan alur yang twist. Contohnya adalah Sherlock Holmes

  • Novel Humor

    Novel bergenre seperti ini menitik beratkan pada kisah yang konyol, membuat geli, dan tentunya mengundang tawa. Bahasa yang digunakan sederhana juga mudah dipahami. Ada yang menggunakan diksi yang indah, ada juga yang menggunakan slang atau bahasa gaul. Contohnya adalah Kambing Jantan

  • Novel Sci-Fi/Fiksi Sains

    Novel dengan genre ini mengangkat tema dunia penuh teknologi tinggi. Bisa juga dikatakan cerita utopia, dunia impian. Latar yang dihadirkan juga penuh dengan konsep teknologi dan ilmu pengetahuan. Contohnya adalah Back to The Future

  • Novel Fiksi

    Genre yang satu ini paling banyak dipakai di kesusastraan barat, seperti Amerika dan Eropa. Ciri khas dari genre ini terdapat pada ide ceritanya yang mengangkat hal-hal magis, supranatural, surealis namun tetap logis. Bisa dibiang genre ini adalah genre yang mempunyai tingkat imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Contohnya adalah Harry Potter

  • Novel Fan-Fic/Fiksi Penggemar

    Genre seperti ini banyak digemari oleh kaum hawa, utamanya remaja. Sebab novel seperti ini mengangkat tentang cerita fantasi seorang idola yang ditulis oleh penggemarnya. Tokoh yang digunakannya bisa tokoh nyata maupun tokoh fiksi yang jadi idolanya. Contohnya adalah Four Season’s Tales

  • Novel Petualangan

    Genre ini menitik beratkan pada alur dan cerita yang berkesinambungan. Adegan dan dialog di dalamnya menerangkan situasi. Sedangkan latar yang tergambar dalam cerita biasanya lebih mendetail. Novel dengan genre seperti ini kebanyakan bercerita tentang sebuah misi, dengan ending cerita yang jelas tetapi penyelesaian yang menggantung. Contohnya adalah A Journey to The Centre of The Earth

  • Novel Sejarah

    Genre ini bisa dibilang genre yang masuk non fiksi, namun ada juga yang masuk area abu-abu (tidak sepenuhnya fiksi atau non fiksi). Ceritanya diangkat dari kisah sejarah, mitos, atau legenda yang pernah ada di tengah-tengah masyarakat. Biasanya dalam bercerita, penulis menambahkan opininya terhadap sejarah tersebut. Contohnya adalah Amba

3. Macam Genre Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

  • Novel Teenlit

    Novel ini mengambil cerita tentang kehidupan remaja. Kebanyakan dari genre ini mengangkat kisah persahabatan, percintaan dan cita-cita. Latar yang dipakai kebanyakan adalah sekolah dan kampus. Contohnya adalah Dealova

  • Novel Chicklit

    Novel ini sering disamakan dengan teenlit, padahal berbeda. Chicklit menggunakan cerita bertemakan kehidupan wanita muda dan segala permasalahannya. Latar yang dipakai biasanya adalah kamar tidur, kafe, restoran dan taman. Contohnya adalah Nyawa

  • Novel Metropop

    Novel yang ditulis berdasarkan cerita tentang wanita kosmopolitan yang berkutat dengan perkantoran. Biasanya tokoh di dalamnya mempunyai masalah yang kompleks seputar kehidupan, percintaan, karir dan ambisi. Contohnya adalah Perahu Kertas

  • Novel Songlit

    Novel yang ditulis berdasarkan sebuah lagu. Bisa dikatan bahwa novel ini merupakan pengkisahan dari lirik lagu dan imajinasi penulisnya . Contohnya adalah Sebelum Cahaya

  • Novel Dewasa

    Novel yang bercerita tentang kehidupan orang dewasa. Isu-isu dan tema yang diangkat hanya bisa dipahami oleh orag dewasa. Tentu saja sejak awal memang ditujukan untuk pembaca dewasa. Contohnya adalah Ronggeng Dukuh Paruk

Artikel Berkait

99 thoughts on “Berbagai Macam Genre Novel, Penjelasan dan Contohnya

  1. Hai.
    Aku zizi.
    Aku lagi belajar nulis nih.
    Kalo ceritanya tentang kehidupan rumah tangga tapi ada bbrp plot yg memaparkan kilas balik masa lalu waktu remaja, dalam artian belum menikah gmn?
    Alurnya dibuat maju mundur gitu.
    Itu ikutnya genre teenlit/umum(dewasa)?
    Terimakasih sebelumnya

    • Alur yang cocok digunakan untuk cerita masa sekarang dengan melibatkan cerita masa lalu memang alur maju mundur. Tujuannya supaya pembaca tidak bingung dengan cerita yang kita tulis. Jadi cerita sekarang bisa begini karena dulunya begitu, atau dulu begitu kemudian dampaknya begini, dan seterusnya. Sehingga dari bagian ke bagian cerita akan mengalir saling menyambung tanpa ada yang terlewatkan.

      Mengenai genre ada dua pilihan, untuk wanita muda yang baru menikah bisa ambil chicklit, sedangkan kalau ceritanya lebih kompleks dan temanya menitikberatkan permasalahan wanita dewasa, ambil genre novel dewasa.

      • Gan, namanya siapa? Saya mau masukkan anda di buku saya, dan mau dimasukkan ke daftar pustaka.. mohon ijin

        • Masukkan saja, Tim Redaksi Omnibussenja. 😀

  2. Kalau ceritanya tentang cinta & perjuangan kira-kira genre-nya apa ya?

    • Kalau temanya cinta dan peruangan akan lebih mudah penyampaiannya kalau dimasukkan genre metropop atau genre dewasa.

    • Kalau temanya cinta dan perjuangan akan lebih mudah penyampaiannya kalau dimasukkan genre metropop atau genre dewasa.

  3. Perkenalkan saya suci. Yang ingin saya tanyakan adalah jika kita menawarkan tema fiksi, misalnya tentang adanya mesin waktu, bagaimana caranya agar pembaca percaya terhadap mesin waktu tersebut tanpa merasa “dibohongi” sehingga pembaca dapat mengikuti alur cerita secara mengalir. Meskipun secara realita, mesin waktu belum diterima kebenarannya secara sains. Terima kasih 🙂

    • Ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama menekankan sisi mustahilnya yang kemudian membuatnya menjadi mungkin dengan suatu jalan (Contoh: Steins;Gate dan Kimi No Na Wa). Kedua memang sejak awal dimunculkan kemungkinan tersebut lalu membuat jalan cerita pengandaian, kalau mesin waktu itu benar-benar ada, lantas apa yang terjadi atau apa yang ingin dilakukan (contoh: Back to The Future).

  4. Hai aku putri
    Pemula atau lagi belajar nulis novel.
    Nah cerita yang aku tulis ini tentang seorang detektif wanita yang tiba2 suka sama patner barunya sendiri. Tapi ternyata si patner barunya ini punya masa lalu yang kelam sehingga tidak bisa menyukai si detektif wanita. Tapi di tulisan aku juga tentang penangkapan seorang pembunuh.
    Itu ikutnya genre apa ya?
    Dewasa/romantis/thriller?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Kalau melihat dari penjelasan singkatnya, baiknya novel seperti ini mengambil genre thriller, misteri, atau suspense. Ketiga genre tersebut sekilas sama, namun berbeda. Apa perbedaannya?

      Genre misteri menonjolkan sisi cerita yang banyak memutar otak. Genre thriller menonjolkan sisi cerita yang mengancam nyawa atau misi berbahaya. Sedangkan genre suspense menonjolkan sisi gelap tokoh di awal dan membuat penasaran akan kisah dibalik kehidupan gelapnya, sampai di akhir, pembaca akan menemukan twist (ending cerita yang tak disangka-sangka).

  5. tanya dong. kalo novelnya tentang detektif tapi ada komedi-komedinya, itu masuk genre apa?

    • Ambil genre komedi lalu benang merah ceritanya berikan unsur misteri ala detektif. Kalau diporsikan, 55% komedi dan 45% misteri. Kenapa seperti itu? Karena unsur misteri dan komedi harus digarap sangat hati-hati, supaya komedinya dapat, misterinya juga dapat. Beda dengan komedi percintaan, kalau jenis ini bisa 70% komedi dan 30% percintaan.

  6. min mau tanya dong, saya pemula dan sedang membuat novel, bingung utk menentukan genre. novel saya berisi tentang seorang pria humoris yang takut utk mengenal cinta karena kehidupan broken home yang ia alami, namun pada akhirnya ia ingin merubah semuanya dan telah berhasil untuk menemukan cintanya. didalam cerita tersebut terdapat unsur persahabatan, keluarga dan percintaan.

    • Tentukan dulu genrenya apa, baru nanti membuat draft awalnya yang lebih rinci. Uraian di atas termasuk gambaran kasar yang sifatnya masih terlalu luas.

  7. Kalau berdasarkan sejarah tapi ditambahi cerita karangan.. atau sejarah fiksi bgaimana, bolehkah seperti itu?

    • Boleh, yang seperti itu banyak dibuat oleh penulis dalam negeri maupun luar negeri. Namun perlu diingat, data sejarah yang otentik akan membuat novel makin kuat, jadi fiksi hanya seputar petualangan atu opini tokoh saja, sisanya dibuat seriil mungkin.

  8. Mau nanya dong..!!
    Saya masih membiarkan tulisan ku terbengkalai tak terurus, jadi saya juga ingin bertanya untuk genre seperti ini , cocoknya apa dan biar saya bisa kembangkan yang selanjutnya. ( karena Tundaan ).
    – Menceritakan tentang masa dimana seorang pemuda yang memiliki kenangan masa kecil terus ia menceritakan kepada rekan kerjanya, tentang masa dimana ia masih sekolah dan ikut pramuka. terus disini menceritakan tentang suka duka, meraih kejuaraan dan juga hal segala macam ( komedi dan fantasy )
    jadi untuk ini, genre cocok buat ini apa ya ?

    • Munkin cocoknya genre remaja – motivasi – komedi. Intinya petualangan anak sekolahan untuk meraih apa yang dia impikan dimasa muda.

  9. Halo. Maaf sebelumnya. Tapi kata guru bahasa indonesia saya, novel fiksi itu bukan yg cerita2 gitu. Tapi lebih ke yg seperti motovasi, recipe, how to, travelling, dll. Jadi kalo cerita kaya Laskar Pelangi itu udah masuk fiksi. Karena pasti ada yang ditambah-tambahin. Terimakasih.

    • buku motivasi, resep, cara, wisata, itu masuk kategori non fiksi (bukan fiksi), buku yang ditulis berdasarkan hal-hal nyata yang memang seperti itu adanya. jadi dalam buku resep masakan, tidak ada kalimat, “Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tuangkan cinta dan kasih sayang secukupnya”.

      Sedangkan untuk untuk Laskar Pelangi masuk ke novel non fiksi, maksudnya novel yang didasarkan pada pengalaman nyata. Namanya novel pasti ada beberapa imbuhan dan bumbu-bumbu yang diberikan. Itu wajar, memang seperti itulah novel. Harus ada sisi emosi ang bisa disentuh melalui kalimat-kalimat sepanjang cerita.

  10. selamat pagi…

    kak, aku mau tanya misalkan menceritakan masa lalu nya waktu sekolah SMP betapa bodohnya dia seringkali memberi kesempatan kepada seorang laki-laki yang di anggap kakak angkat dia yang janjinya tidak akan pernah lagi membohonginya, tapi apa…? dia malah mengulanginya kembali.

    aku bingung kak, genrenya apa….

    • Genre yang cocok untuk benang merah cerita seperti ini adalah teenlit. Usahakan situasi dan kondisinya sama persis dengan apa yang kebenyakan siswi smp rasakan. Sehingga teenlit yang kamu hasilkan tidak hanya sebatas fiksi semata, namun fiksi yang mengena di hati pembacanya.

  11. Kalo cerita isi di kampus tp kyk diam” mencintai sesorg genre apa ?

    • Bisa ambil genre teenlit. Banyak yang menyukai tipe cerita dan setting yang seperti ini. Kalau bisa mengolah ide ceritanya, kemungkinan besar novelmu akan banyak diminati pembaca, khususnya kalangan remaja.

  12. Bahasannya bagus.
    Apakah boleh tema sejarah semi fiksi? Saya kuatir jika dianggap sebagai kebohongan.
    Mohon petunjuknya. Terima kasih

    • Boleh, sangat boleh. Banyak penulis yang mengambil tema serupa. Salah satunya adalah Laksmi Pamuntjak dengan novelnya yang berjudul Amba.

  13. Tanya dong min,kalau misalnya ceritanya ada unsur remaja,komedi dan islaminya..kira-kira cocoknya masuk dalam genre apa ya?
    Terima kasih

    • Cocoknya genre teenlit. Masukkan unsur komedi dan religinya dalam keseharian si tokoh dalam cerita novelmu.

  14. saya dhiana, dari timika papua, saya pemula dalam menulis novel, saya mau menuliskan novel non fiksi.. cerita tentang kisah pribadi nyata, tetapi edikit berhubungan dengan kedua orang tua, dan keluarga apakah saya harus menggunakan nama samaran atau bagaimana ya solusinya ???

    • Bisa pakai nama asli, bisa juga pakai nama samaran. Kalau pakai nama asli, pastikan tidak melanggar privasi orang tersebut, caranya dengan meminta izin dan meminta pendapatnya. Kalau ingin lebih mudah, pakai saja nama samaran.

  15. Halo,
    Bagaimana dengan kisah remaja yang menitikberatkan pada masalah psikologis, apakah ada baiknya cerita ini masuk dalam teenlit/teen fiction atau genre lain?
    Terima kasih.

    • Kalau yang seperti ini masuk teenlit. Kamu bisa ambil tema gangguan psikologis tertentu yang dialami si tokoh utama yang mempengaruhi kehidupannya. Ceritanya akan sangat menarik sekali kalau kamu bisa membangun alur dengan tema tersebut. Karena jarang-jarang ada genre teenlit yang berani mengambil tema selain tema sejuta umat, tema percintaan.

  16. Saya purnomo. Mau tnya dong min ?
    Saya ingin membuat novel kisah nyata. bagus nya genre apa ya ?

    • Semua genre bisa, tapi kalau mau yang paling mudah genre percintaan.

  17. Maaf, saya mau bertanya, saya belum pernah menulis sebelumnya jadi saya agak bingung menentukan gendrenya, jadi begini ceritanya ada sepasang kekasih yang terjebak dalam kesalahpahaman tapi sebelum semuanya jelas si wanita kecelakaan dan dilaporkan meninggal, si pria sedih karena belum sempat menjelaskan kesalahpahaman mereka. Dan tiga tahun kemudian mereka bertemu disebuah klub malam dan disana si wanita bekerja sebagai ‘cewe jadi2an’ si pria kaget dan tidak percaya, setelah itu si pria membawa si wanita kerumahnya dan menyusun sebuah rencana untuk mengetahui siapa sebenarnya ‘wanita jdi2an’ itu saat semua terungkap ternyata si wanita lupa ingatan dan terjebak hutang itu sebabnya dia bekeja sebagai ‘begituan’. Jadi itu gendre apa ya?

    • Mungkin bisa mengambil genre novel dewasa.

  18. Hai .. saya karina lagi coba coba nulis novel . Ceritanya tentang seorang gadis yang mempunyai ambisi dan cita cita yang tinggi namun harus berakhir dengan perjodohan di usia muda . Apa ya kira kira genrenya …

    • Kalau seperti ini kamu bisa ambil genre chicklit atau metropop.

  19. Kalo the hobbit itu genre apa ? Action kah mas? Adakah genre action di novel?

    • Kalau The Hobbit masuknya ke fiksi fantasi. Cerita fiksi yang didasarkan pada cerita fantasi yang dibuat si pengarang. Mulai dari tokoh, setting, sampai jalan cerita didalamnya, semuanya imajinasi berdasarkan khayalan si pengarang sendiri.

  20. Assalamu’alaikum, saya atha, saya sedang belajar menulis, saya menangka cerita tentang persabatan yang berujung pada perasaan cinta diantara mereka. namun perasaan itu tidak pernah terucap, tapi saling menyadarinya, disisi lain masing2 dari sahabat ingin memperdalam tentang agama, jadi mereka berperang dengan diri sendiri antara mengorbankan persahabatan demi cinta, cinta demi persahabatan, mempertahankan ego cinta atau mempertahankan keyakinan (agama). itu masuk genre apa yaa?

    • Kalau tentang persahabatan anak muda (20 tahun kebawah) bisa masuk genre teenlit atau genre teenlit-religi (remaja-islami) juga bisa. Sedangkan untuk di atas itu (dengan cerita lebih kompleks) bisa dimasukkan ke genre religi (islami) atau dewasa.

  21. Nama saya Farrij…saya sangat pemula dalam menulis novel, izin bertanya…jdi sya rencana mau bikin novel romance tapi latarnya kayak di zaman kerajaan²ku jdi ada action..apakah bisa novel yg seperti itu?
    Maklum sya benar² pemula hehe….terimakasih

    • Bisa. Tentu saja bisa. Tentukan saja genrenya, lalu sesuaikan latarnya dengan tokoh dan enokohan yang as untuk genre tersebut.

  22. Hai kak, aku penulis pemula juga klo menceritakan kehidupan seorang anak perempuan dari kecilnya hingga dewasa yg dalam ceritanya ada unsur cinta, cita cita, kesedihan, dan perjuangan apa ya ganre nya?

    • Genre yang cocok sepertinya slice of life (penggalan kehidupan). Tapi sebaiknya ada bagian yang lebih ditekankan. Misalnya slice of life – psikologi, slice of life – misteri, atau mungkin slice of life – romance. Jadi ada unsur tema cerita yang memperkuat isi dan alur cerita, tidak hanya kisah hidup biasa yang terkesan datar saja.

  23. Hai… ehem… aku david… aku pembaca novel… aku pengen nanya dong, kalo isi novelnya itu tentang mitologi dan perjalanan waktu, tema yang cocok kira” apa ya ?

    • Fiksi fantasy legenda mungkin yang paling cocok kalau untuk mitologi. Sedangkan untuk perjalanan waktu atau mesin waktu lebih cocok kalau temanya fiksi fantasy futuristik (fiksi fantasi khayalan masa depan).

  24. Mau bertanya, aku lagi belajar nulis novel , genre yang pas buat tulisan aku itu masuk ke chikclit atau novel dewasa? Menceritakan tentang kehidupan wanita berusia 22 tahun yang mencoba meraih impiannya yaitu dapat dianggap sebagai anak oleh ayahnya yang menelantarkannya dulu, dengan menjadi bodyguard nya! Ada sedikit action di dalamnya , bagaimana ya?

    • Sepertinya ambil genre chicklit lebih pas.

  25. Halo kak, nama saya Mei. Saya mau tanya nih, saya sedang mengerjakan novel. Novel saya ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang.. gimana ya cara menjelaskannya. Yang jelas, ini bukan tentang cerita masa muda yang penuh dengan cinta. Lebih seperti kehidupan yang sebenarnya. Anak broken home yang mempunyai dua sisi yang sangat berbeda. Juga, ceritanya lebih menjerumus ke dalam genre hurt. Oiya, ada sisi romance nya juga kak. Cuman dikit doang. Nah, yang saya mau tanyakan, kira-kira genre apa yang pas kak? Dan tolong jelaskan dong kak yang namanya general fiction itu. Makasih kak…

    • Mungkin lebih cocok kalau masuk ke slice of life (sepenggal kehidupan) dengan latar belakang kenangan buruk tentang cinta, komitmen, dan hubungan.

      General Fiction dalam dunia literasi sering disebut sebagai “fiksi umum”. Fiksi umum sebenarnya cukup lazim dan banyak dijumpai dalam dunia penerbitan barat. Fiksi umum meliputi seluruh karya sastra yang tidak masuk dalam genre-genre yang disebutkan di atas. tidak dikategorikan atau diluar kategori yang sudah di.

  26. hi kak, aku mau tanya nih.

    kan aku buat cerita, Kisah 2 orang wanita yang mencintai pria yang sama, si 2 orang wanita itu menjalin hubungan persahabatan.

    nah singkat ceritanya gitu aja yah. dan endingnya si salah satu wanita itu jadi sama si pria (dalam artian menjalin hubungan).

    kira-kira masuk genre apa ya kak? romance/ teenfiction ?

    • Cerita yang seperti ini khas genre teenlit. Apalagi dengan tema cinta segitiga.

        • Sama-sama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan lebih dalam tentang dunia sastra dan literasi. 🙂

  27. Kak mau tanya, kalau cerita novel nya tentang suatu keluarga dan di tambah kisah romantis dan lucu termasuk genre apa?

    • Slice of life (sepenggal kehidupan) bisa, komedi-romantis juga bisa. Tinggal yang mau ditonjolkan sisi yang mana. Kalau lebih ke kisah kehidupan sebuah keluarga masuk ke slice of life. Kalau keluarga hanya sebagai tema sampingan, lebih baik ambil komedi-romantis.

  28. saya baru belajar mau nulis tapi bingung awal cerita atau pembukaannya gimana yah supaya bagus

    • Buka dengan deskripsi yang bagus atau pertanyaan yang mengundang pembaca untuk mengikuti lanjutan certanya. Kamu bisa memancing rasa penasaran pembaca dengan konflik di awal atau percakapan antar tokoh. Banyak cara yang bisa kamu coba dan formulasikan.

  29. Assalamu alaikum
    Hai kk, aku penulis pemula pengen buat novel kira-kira begini ceritanya, seorang remaja ingin membuktikan bahwa jurusan ips yang di gelutinya bukanlah pilihan terakhir dan buruk. Anak2 ips di sekolahnya selalu jadi bahan bulliying anak2 ipa. Sampai suatu saat ketika usianya 25 tahun ia berhasil merobohkan anggapan itu dengan mendirikan sebuah perusahaan bergengsi yang ternyata orang yang membulliyingnya dahulu menjadi pegawai / asistennya. Genre yang Pas apa ya..

    • Metro Pop lebih pas untuk cerita seperti ini.

  30. gimana cara awal menulis novel atau pembukanya

    • Paragraf pembuka bisa dibuat dalam beberapa jenis, bisa deskripsi, pertanyaan, konflik atau bahkan percakapan. Tergantung penulisnya ingin membuka seperti apa.

  31. Hey..
    Klo semisal kita Hanya membuat tulisan sesuai dengan apa yang kita rasakan, mungkin bisa dibilang kita buat Carita dari kehidupan kita sehari2 tp Hanya ungkaapan ajar bukan Menceritakan dari awal hingga akhir jd ya gitu, kira2 yg begin termasuk ke genre apa ya

    • Cerita semacam ini lebih masuk ke genre slice of life (sepenggal kehidupan).

  32. kalo ceritanya tentang fiksi , romance, adventure kira kira genrenya apa? dan bagaimana cara menulis novel dengan waktu yang efektif, misal kita target tanggal sekian udh jd, bagaimana bisa untuk mencairkan pikiran dalam waktu yang telah ditentukan itu? lalu untuk masalah penerbitan novel kira-kira kepada siapa kita mengirimkan novel yg telah jadi agar segera diterbitkan?

    • 1. Sepertinya kategori novel dewasa atau fantasi lebih tepat.
      2. Kalau masalah tenggat waktu tergantung pada jadwal keseharian penulis, tidak mungkin semua penulis punya waktu yang sama. Jadi sesuaikan saja dengan jadwal harianmu. Ada waktu senggang kapan? Pakai saja untuk menulis, tetapi harus dengan target. Misalkan menulis 5 halaman selama 2 jam per hari dan 10 halaman selama 4 jam di akhir pekan. Tenggat waktu selesai satu naskah 3 bulan. Itu salah satu contoh saja.
      3. Kalau untuk mencairkan pikiran tidak ada formulanya. Tetapi cara mengantisispasi stuck saat menulis ada. Caranya kamu buat kerangka novel yang sistematis per bab, setiap bab ada inti cerita dan penjabaranya secara umum. Nanti saat menulis naskah bisa kamu pertegas lagi inti dan beberapa cerita didalamnya. kalau kamu lupa, stuck, tinggal baca kerangka novelmu tadi. Jadi kamu tidak akan terjebak di masalah stuck menulis lagi.
      4. Untuk novel dewasa sebaiknya kirim ke bentang, grasindo, atau gramedia. Kalau untuk novel fantasi sebaiknya diterbitkan di Mizan.

  33. Halo saya riki mau nanya, novel saya tokohnya sepasang remaja sma, tp temanya agak dewasa seperti pelacuran, kapitalisme, dan patriotik gitu. Sebaiknya nanti saya kirim ke penerbit sebagai novel remaja atau dewasa?
    Sebagai tambahan, saya menulis pakai bahasa baku kasual, bukan bahasa gaul ala remaja, dan pada satu bab khusus bercerita tentang keluarga si tokoh utama (flashback) seperti pada sastra serius gitu.
    Mohon sarannya

    • Sebaiknya kirimkan sebagai naskah novel dewasa.

  34. halo, saya ingin bertanya. Saya penulis pemula yang rencananya akan membuat novel tentang dua tokoh yang satunya hidup di abad ke-18 dan yang satunya lagi hidup di masa kini. Di dalamnya memuat percintaan remaja dari tokoh masa kini, dan ada pula dari tokoh abad ke-18. Kira-kira genre novel apa ya masuknya? Trims..

    • Kalau dari yang seperti ini masuknya tetap teenlit (remaja), hanya latar atau settingnya saja yang abad 18 dan modern.

  35. saya ingin membuat novel
    kira-kira ending yang bagus untuk sebuah novel bagaimana ya?

    • Kalau ending sendiri pada dasarnya adalah hak dari si penulis sendiri. Jadi orang lain tidak bisa menyarankan akan seperti apa ending dari cerita yang ditulis oleh si penulis tersebut. Justru seharusnya ending yang ditulis oleh seorang penulis novel lah yang nantinya harus mau tidak mau diterima oleh pembaca, baik itu ending yang bahagia, sedih, maupun menggantung.

  36. kak saya baru belajar menulis dan saya ingin sekali menulis novel tentang kehidupan saya. jadi intinya, di dalam novel itu berisi tentang segala permasalahan dan ujian dalam kehidupan Tokoh utama. selain itu ada juga 1 atau 2 bab yang mengisahkan tentang kisah cinta tokoh utama yang berakhir tragis.
    kemudian, apa bisa bila Tokoh utama memiliki peran ganda? maksudnya peran ganda itu tokoh utamanya berada dalam rentan waktu yang berbeda.
    terima kasih

    • Maksudnya tokoh utama dimasa depan datang ke masa lalu untuk membantu dirinya sendiri? Bisa. Ide yang bagus itu. Pasti menarik.

  37. Kak,Saya pemula menulis naskah novel inti dari novel nya
    Mengisakan tengtang kehidupan tokoh utama yang menyukai hal hal baru dan selalu dikaitkan dengan masa lalu.tengtang anak remaja

    • Boleh saja. Genre yang cocok teenlit. Tinggal kamu buat ide cerita yang lebih matanglalu buat kerangka novelnya secara utuh. Baru setelah itu ditulis naskah lengkapnya.

  38. Hai! Nama aku Desi. Aku lagi belajar nulis novel, nih! Aku mau nanya genre yang cocok buat novel aku. Ceritanya tentang benci, cinta, pengkhianatan dan perpisahan. Kira-kira genre apa yang cocok untuk novel aku?

    • Tergantung tokoh, setting dan juga alur ceritanya. Kalau tokoh didalamnya anak sma, setting utamanya disekolah, dan alur ceritanya tidak terlalu rumit bisa ke teenlit. Kalau tokohnya orang dewasa, setting utamanya bukan disekolah, dan alur ceritanya sedikit rumit bisa ke genre novel dewasa.

  39. Min mau tanyak, aku mau buat novel dan cerita yang ku angkat tentang perjuangan seseorang untuk merebut cintanya kembali, tapi ada alu flashbacknya sewaktu sekolah menceritakan kejadian dimana mereka dulu bertemua. Usia yg aku pake 20-an keatas. Genre yang pas kira kira apa ya min. Makasih

    • Sebenarnya untuk novel yang mengangkat cerita tentang si tokoh yang berusia 18-20 masuk ke genre new adult. Sedangkan untuk tokoh usia 21-25 masuk ke genre chicklit.

  40. Gini nih saya lagi nulis novel nih nentuin genrenya, novel saya bisa dibaca di kompasiana, yang saya upload secara bersambung berjudul wayang saga series, ketik aja di google. Apakah itu novel fiksi atau sejarah, atau keduanya fiksi sejarah. Saya butuh profil saran anda. Terima kasih atas perhatiannya salam by Jannuary biru.

    • Kalau isi ceritanya berkenaan dengan sejarah, maka masuknya fisi sejarah. Tetapi kalau isinya tentang mitologi, yang kebetulan memasukkan unsur sejarah, masuknya lebih tepat ke genre fiksi fantasi.

  41. Min mau nanya nih, cerita yg gw tulis itu tentang keluarga tetapi di bumbui dengam time travel gitu.
    Nah gw bingung genre yg cocok dengan ceritaku apa ya? Tolong bantu 😊

    • Berarti masuknya ke fiksi fantasi. Sebab ada unsur “time travel” yang merupakan fantasi atau khayalan.

  42. Kak, mau tanya. Pembaca kebanyaan suka pakek gaya bahasa baku atau nggk? Aku bingung disini. Jadi, tolong sarannya kak. Sebaiknya pakai bahasa baku atau nggk?

    • Tergantung genre novelnya, kalau genre dewasa, fiksi sains (sci-fi), fiksi sejarah, atau fiksi fantasi sebaiknya pakai bahasa baku. Kalau selain genre itu boleh pakai bahasa gaul sepenuhnya atau campuran. Apalagi kalau untuk teenlit dan humor cenderung lebih bagus kalau memakai bahasa gaul atau bahasa sehari-hari.

  43. Maaf saya mau tanya.
    Kalau cerita yang seperti ini cocoknya genre apa ya?

    Seorang laki-laki muda terlibat masalah sama preman-preman demi menyelamatkan gadis muda yang dijual sama orangtuanya ke pria tua untuk dijadikan wanita penghibur. Pemuda itu gak bisa mati dibunuh beberapa kalipun sama preman-preman tersebut.

    Jadi yang seperti ini cocoknya genre apa ya, min?

    • Ini sedikit rumit, maksudnya tidak mati itu bagaimana? Apa zombi, apa punya ilmu kebal atau bagaimana?

  44. 1.Mo nanya nih Gan…menyimpang dari topik..beda novel seri dengan dwilogi,trilogi itu apa ?

    • Dwilogi artinya novel berseri yang terdiri dari 2 seri novel (2 jilid buku). Trilogi artinya novel berseri yang terdiri dari 3 seri novel (3 jilid buku). Tetralogi artinya novel berseri yang terdiri dari 4 seri novel (4 jilid buku). dst. Jadi dwilogi, trilogi, tetralogi digunakan untuk menyatakan jumlah seri novel (berapa jumlah jilid novelnya), namun kesemuanya itu masuk dalam kategori novel berseri.

  45. Assalamualaikum kak,
    Klau isi cerita berkisah tentang masalah kehidupan keluarga tokoh utama (wanita 21th) dan sisi gelap tokoh (pria), tentang impian dan ambisi yang menyebabkan hubungan dengan Preman (gangster), diselingi kisah percintaan kedua tokoh.
    Genre yg cocok chicklit, Suspense, thriller, dewasa, slice of life atw gmn kak?
    Terima kasih

    • Sebaiknya masuk ke genre dewasa.

  46. Kak, pengen nanya.
    Kalo misalnya kita mau memulai menulis novel, bagusan yg mana…? Apakah dimulai dengan tokoh utama yg memperkenalkan dirinya sendiri, atau si penulis yg memperkenalkan tokoh utamanya, atau dimulai dari si tokoh utama itu baru bangun tidur atau bagaimana?
    Ceritanya ini tentang seorang cewek yang mengimpikan seorang sahabat sejati.
    Mohon penjelasan dan bantuannya kak! 😣

    • Kalau tahap pengenalannya bebas, tergantung bagaimana penulisnya. Tetapi usahakan pada tahap pengenalan itu harus ada unsur yang membuat pembaca penasaran. Sebab kalau pembaca bisa penasaran dengan sesi perkenalan tokoh, biasanya ia akan tertarik pada cerita lengkapnya.

  47. Kak, mau tanya. Kalo ceritanya tentang sahabat yang terpisah kemudian mereka berusaha bersatu kembali tapi selalu ada halangan itu termasuk genre ala ya?

    • Kalau maksudnya cerita sahabat yang ringan-ringan bisa masuk ke genre teenlit.

Leave a Comment